Skip to main content

Kuliner yang Bikin Kangen pada Kota Bogor

Kuliner yang Bikin Kangen pada Kota Bogor
Kuliner yang Bikin Kangen pada Kota Bogor

WinNetNews.com - Kota Hujan ini juga menyimpan segudang kuliner unik yang menjadi ciri khas bagi Bogor. Tak heran banyak wisatawan yang melancong ke Bogor, selalu menyempatkan diri memburu berbagai kuliner ini untuk dijadikan oleh-oleh. Dilansit laman Culiner.liputan6.

Berikut 6 kuliner yang telah menjadi ciri khas bagi Bogor ;

Roti Unyil

image0

www.tokomesin.com

Meskipun ukurannya sangat mini, namun jangan ragukan kelezatan roti unyil. Tersedia dalam berbagai varian rasa, dan ditawarkan dengan harga yang terjangkau, roti unyil menjadi kuliner yang melekat dan menjadi ciri khas bagi Bogor. Banyak orang beranggapan, tidak afdol rasanya jika berwisata ke Bogor namun tidak membawa roti unyil sebagai buah tangan.

Doclang

image1

www.indonesiakaya.com

Jika di Jakarta ada Ketoprak, maka di Bogor ada kuliner yang bernama Doclang. Meski serupa, namun Doclang memiliki ciri khas tersendiri jika dilihat dari bungkusnya. Doclang dibungkus menggunakan daun Patat. Daun ini telah lama oleh masyarakat Bogor dijadikan sebagai pembungkus makanan karena memiliki tekstur yang halus dan elastis.

Kopi Liong Bulan

image2

www.indonesiakaya.com

Diproduksi sejak 1945, Kopi Liong Bulan menjadi salah satu produsen kopi tertua yang ada di daerah Bogor. Meski namanya masih terdengar asing, namun kopi produksi rumahan ini memiliki penggemarnya sendiri di Bogor. Kini Kopi Liong Bulan kerap dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bogor.

Asinan Bogor

image3

www.klikhotel.com

Asinan Bogor dibagi menjadi tiga varian, yaitu asinan buah, asinan sayur, dan asinan yang memaduakan antara buah dan sayur. Buah yang menjadi bahan dalam asinan Bogor adalah buah-buahan tropis, seperti benguang, kendondong, jambu, nanas, dan mentimun. Sementara sayuran yang digunakan antara lain tauge dan kol. Asinan Bogor memiliki citarasa segar dan pedas, rasa pedas asinan Bogor didapat dari saripati cabai yang diolah bersama asam dan gula pasir. Dibanderol dengan harga yang terjangkau, asinan Bogor kerap menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Bogor.

Soto Kuning

image4

bogor.net

Siapa yang tidak kenal dengan ketenaran soto berkuah kuning yang satu ini? Selain lezat, soto ini memiliki ciri khas yang unik dari kuahnya yang kuning, yang berasal dari bumbu kunyit dan rempah-rempah lainnya. Ada empat varian yang ditawarkan Soto Kuning, yang soto yang berisikan limpa, daging, ayam, dan babat. Yang menarik, kaldu yang digunakan untuk memasak bahan dasar soto ini akan dijadikan kuah kuning sehingga rasa soto benar-benar terasa asli.

Makaroni Panggang

image5

www.indonesiakaya.com

Meski kuliner ini bukan asli dari Bogor, namun nama Makaroni Panggang selalu melekat sebagai buah tangan bagi orang-orang yang berkunjung ke Bogor. Disajikan dalam berbagai ukuran, makaroni panggang sangat pas disantap bersama teman dan keluarga tercinta. Potongan daging yang dibungkus rebusan makaroni ditambah taburan keju dan campuran rempah lainnya membuat kuliner ‘barat’ ini begitu cocok di lidah orang Indonesia.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top