Kura-kura Bercangkang Emas Gagal Diselundupkan di Malaysia. Harganya Sampai Ratusan Ribu Dolar!
Foto: AFP / Manan VATSYAYANA

Kura-kura Bercangkang Emas Gagal Diselundupkan di Malaysia. Harganya Sampai Ratusan Ribu Dolar!

Senin, 15 Mei 2017 | 14:43 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Malaysia menggagalkan usaha penyelundupan ratusan kura-kura yang terancam punah ke negara tersebut dari Madagaskar. itu ditemukan masih hidup.

"330 Kura-kuraploughshare dan yang dipancarkan yang ditangkap di Bandara Internasional Kuala Lumpur senilai $ 276.784. Semua reptil ditemukan hidup" kata Abdul Wahid Sulong, wakil direktur departemen bea cukai mengatakan kepada AFP .

"Ini adalah tangkapan yang besar, bisa untuk pasar lokal atau untuk diekspor kembali. Kami sedang menyelidiki," kata lembaga penegak hukum tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Berdasarkan tip publik, petugas bea cukai menggerebek wilayah kargo di bandara dan menemukan lima peti yang mencurigakan.Pesawat itu tiba di KLIA dengan pesawat Etihad Airways dari bandara Antananarivo di Madagaskar."tambah pernyataan tersebut.

image0

Foto: AFP / Manan VATSYAYANA

Kura-kura ploughshare bercangkangemas asli Madagaskar, dan karena perburuan liar,kura-kura ini yang paling terancam punah di planet ini.

Kura-kura yang terkenal di Madagaskar, dianggap salah satu spesies hewan yang paling indah, juga cepat punah karena perburuan daging dan perdagangan hewan liar yang merajalela.

Abdul Wahid mengatakan bahwa isi peti tersebut diberi label sebagai batu dan alamat penerima yang ternyata salah.

Malaysia melarang impor hewan yang terancam punah. Siapa pun yang terbukti bersalah melakukan pelanggaran dapat dipenjara hingga tiga tahun dan didenda.

Elizabeth John, petugas komunikasi senior Jaringan Pemantau Perdagangan Liar, mengatakan bahwa kura-kura kura-kura itu mengikuti jejak-jejak produk hewani lainnya yang berasal dari Afrika, termasuk tulang rhino dan timbangan pangolin.

"Dengan serangkaian serangan satwa liar baru-baru ini dari Afrika, agen penegak hukum Malaysia mengirim peringatan kuat kepada penyelundup bahwa itu adalah bisnis," katanya kepada AFP .

John mengatakan bahwa rute yang digunakan oleh para pedagang dalam kasus baru-baru ini menunjukkan adanya kebutuhan akan pengawasan bandara yang lebih ketat di Timur Tengah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...