Kurangi Risiko Stroke Dengan Tomat

Nadia Chevina
Selasa, 04 Agustus 2015 09:54 WIB
Oleh Nadia Chevina pada Selasa, 04 Agustus 2015 09:54 WIB
Image Kurangi Risiko Stroke Dengan Tomat

Program diet yang kaya tomat dapat mengurangi risiko terkena serangan stroke. Demikian menurut para peneliti di The University of Eastern Finland di Kuopio.

Melansir laman liputan6, para ahli meneliti 1.031 pria dengan hasil, mereka yang memiliki lebih banyak likopen, yakni zat kimia warna merah yang ditemukan di tomat, paprika, dan semangka dalam darahnya, berisiko kecil terkena stroke. Penelitian tersebut dimuat dalam jurnal Neurology.

The Stroke Association kemudian meminta penelitian lebih lanjut mengapa likopen bisa mengurangi risiko tersebut. Kadar likopen dalam darah diukur pada awal studi dan kemudian terus dimonitor selama 12 tahun.

Para pria tersebut dibagi dalam empat grup berdasarkan jumlah likopen dalam darah. Terjadi 25 kasus stroke pada 258 pria dalam grup kadar likopen rendah dan hanya 11 kasus stroke dalam grup berlikopen tinggi.

Para peneliti kemudian mengklaim bahwa risiko terkena stroke berkurang 55 persen dengan mengonsumsi menu kaya likopen. Menurut Dr. Jouni Karppi, salah seorang peneliti, likopen bertindak selaku antioksidan, mengurangi peradangan dan mencegah penggumpalan darah.

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
SBY Sebut BIN, TNI dan Polri Tidak Netral, Ini Kata PDIP

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.