Kutu Rambut Bisa Dihilangkan dengan Baby Oil?

Rusmanto
Rusmanto

Kutu Rambut Bisa Dihilangkan dengan Baby Oil? ilustrasi
Winnetnews.com - Rambut kutuan itu menjengkelkan. Selain bikin gatal, kutu juga cenderung sulit dibasmi meski sudah mencuci rambut dengan sampo antikutu. Nah usut punya usut, mengoleskan rambut pakai baby oil ampuh menghilangkan kutu yang membandel. Benarkah?

Bisa pakai baby oil untuk menghilangkan kutu rambut?

Beberapa orang mungkin merasa malu ketika harus beli sampo antikutu di apotek, atau ragu-ragu dengan kandungan kimianya. Maka itu mereka memilih beralih ke rekomendasi bisik tetanggga yang bilang bahwa baby oil bisa dipakai untuk menghilangkan kutu rambut. Terutama untuk membasmi kutu rambut yang dialami anak-anak.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang melaporkan bahwa rutin pakai baby oil efektif untuk membasmi kutu rambut. Ellie Brownstein, seorang dokter spesialis anak di Greenwood Health Center, University of Utah Amerika Serikat juga menyatakan hal serupa. Ia menampik bahwa penggunaan bahan alami ala rumahan efekitf untuk menghilangkan kutu di rambut.

Brownstein menjelaskan satu-satunya cara yang aman dan efektif untuk mengobati kutu di rambut adalah dengan menggunakan sampo antikutu atau obat dari resep dokter.

Meski kutu mati, belum tentu telurnya juga mati

Pengobatan rumahan untuk menghilangkan kutu rambut seperti yang sudah disebutkan di atas sebetulnya hanya membuat kutu lemas atau “pingsan” untuk sementara waktu. Dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda untuk membersihkannya dari kulit kepala.

Namun, penting untuk dipahami meski kutunya sudah terlepas dari rambut, telur kutu (nits) belum tentu mati dan sangat mungkin masih menempel di rambut Anda.

Di samping itu, tidak semua orang cocok dengan bahan-bahan tersebut. Bagi orang yang memiliki kulit sensitif, penggunaan bahan-bahan seperti minyak zaitun, mayones, baby oil, dan lain sebagainya mungkin malah menimbulkan reaksi alergi.

Maka dari itu, ketimbang harus coba-coba cara menghilangkan kutu rambut dengan pengobatan ala rumahan, sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Dokter dapat menentukan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Apa Reaksi Kamu?