Kutu Rambut Gara-Gara Selfie?

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Kutu Rambut Gara-Gara Selfie?

 

Wingamers.com - Kutu rambut gara-gara selfie? Ini memang terdengar konyol namun seperti dilansir dari Time, para ahli menganggap bahwa selfie bisa menyebarkan kutu rambut. Kutu yang kecil dan sulit terlihat mata bisa menyebar dari satu kepala ke kepala lainnya ketika selfie berbarengan. Apalagi umumnya selfie dilakukan dari jarak dekat.

“Orang-orang selfie setiap hari, kira-kira sama seperti zaman dahulu yang pergi ke photobooth untuk foto bersama-sama. Dengan begitu, kita memiliki kontak dengan kepala orang lain lebih banyak,” kata dr. Sharon Rink, dokter penyakit anak di Wisconsin, Amerika Serikat.

Menurut National Pediculosis Association, hingga saat ini belum ada data yang menunjukkan wabah kutu akibat selfie pada remaja. Centers for Disease Control mengatakan, enam hingga 12 juta anak-anak berusia tiga hingga 11 tahun di Amerika memiliki kutu di rambutnya. Anak-anak maupun remaja lebih banyak tertular kutu akibat kontak dengan orang lain di mobil, saat menginap bersama, atau berbagi headphone dibanding tertular dari selfie.

Pesan untuk para orangtua, apabila anak Anda memiliki kutu di rambutnya, jangan merasa takut atau jijik untuk membersihkan sendiri dengan mengambilnya satu per satu menggunakan pinset. Intinya perhatikan kebersihan kulit kepala agar dalam kegiatan apapun tidak perlu takut tertular kutu.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});