Kutu Rambut Gigit Kulit Kepala

Kutu Rambut Gigit Kulit Kepala

Wingamers – Ada sebuah video yang menghebohkan netizen menunjukkan rambut seorang pria yang disarangi ribuan kutu. Ini menjadi pengingat bagi orangtua agar memeriksakan kepala anak-anak mereka, agar bila ada kutu yang hinggap bisa segera diobati.

Pendiri Hairforce berbasis di London, Dee Wright, mengatakan bahwa kasus pada video tersebut terbilang sangat ekstrim. Kutu tersebut bisa turun ke alis dan bulu matanya.

Wright telah melihat kasus-kasus yang lebih buruk sebelumnya. Keberadaan kutu selain membuat inangnya tidak nyaman, tapi juga merugikannya, karena kutu-kutu tersebut makan dari darah inang dan mereka akan cepat berproliferasi. Kutu kepala dikenal sebagai pedikulosis capitis adalah serangga kecil berukuran biji wijen yang dapat hidup di rambut manusia. Mereka makan dengan menggigit kulit kepala dan mengisap nutrisi dari pembuluh darah.

Betina bertelur dekat dengan akar rambut, sehingga mereka tetap hangat oleh kulit kepala. Telur-telur tersebut akan menetas menjadi kutu yang lebih banyak dan terus berkembang biak.

Bahkan, kondisi ini bukan karena kebersihan kulit kepala atau rambut yang buruk. Semua jenis rambut bisa menjadi sarang kutu, terlepas dari panjang dan kondisinya.

Kutu menyebabkan kulit kepala seseorang gatal jika mereka alergi. Namun, tidak semua orang alergi dan kurangnya gatal dapat membuat kutu kepala tidak terdeteksi hingga terus berkembang biak. Bahkan, jika seseorang alergi kutu, gejala seperti gatal dapat memakan waktu hingga tiga bulan untuk berkembang.