Kuy Lah! Kita Buat Chessecake Hokaido yang Lagi Nge-hits di Instagram!

kontributor
kontributor

Kuy Lah! Kita Buat Chessecake Hokaido yang Lagi Nge-hits di Instagram! Chessecake hokaido ala jepang lumer di mulut / Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Hola Foodies! Kalian pasti sudah tahu kan chesse cake ala Jepang yang saat ini lagi nge-hits banget di Indonesia. Rasanya yang sangat lembut dan meleleh di lidah membuat siapapun yang menyantap kuliner fenomenal ini jadi ketagihan.

Gak heran ya kalau banyak yang rela antri demi mendapatkan cake yang penampakannya mirip-mirip kue belum matang ini. Upps.. hihihi

Apalagi cake ala Jepang yang ngetrend dengan nama chessecake Hokaido ini mulai banyak menghiasi timeline-timeline di Instagram.

Another chesse cake #foodporn #culinary #chessecake

A post shared by Tjhang Junaidi (@tjhangjunaidi) on

Daripada penasaran, nih ada resep sederhana bikin chessecake hokaido lumer yang terinspirasi dari kokitv. Kuy! Ikuti Resepnya

Bahan-bahan untuk membuat chessecake :

  • 1 lembar puff pastry
  • 3 putih telur
  • 90 gram gula bubuk
  • 390 gram cheese
  • 60 gram mentega tawar, suhu ruangan
  • 100 gram cream cair
  • 3 kuning telur
  • Ekstrak vanila
  • Selai apricot untuk garnish

Cara membuat chessecake hokaido lumer:

  1. Panggang puff pastry menggunkan teknik blind baking (menggunakan beras) selama 45 menit dengan suhu 200 celcius. Di tengah memanggang keluarkan beras dan biarkan hingga matang.
  2. Buat meringue. Kocok putih telur dan gula pada kecepatan sedang sampai puncak kaku.
  3. Dalam wadah terpisah, kocok cream cheese dan mentega dengan mixer listrik sampai mengembang.
  4. Tambahkan krim diikuti oleh kuning telur dan vanila.
  5. Perlahan lipat meringue.
  6. Masukan adonan cheese cake ke dalam meringue dan panggang dengan suhu 180 celcius selama 20 menit.
  7. Sajikan hangat atau dingin.

Buat namabah pengetahuan kamu nih, Foodies! Chessecake ini sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, sekitar 2000 tahun sebelum masehi. Wow.. kue yang sudah sepuh ini, sejak dulu resepnya gak pernah berubah. Masih menggunakan bahan utama krim keju. Hanya saja seiring perkembangan zaman, ada aneka macam variasi chessecake, contohnya chessecake hokaido lumer ini.

Gak cuma itu, yang juga perlu kamu tahu, chessecake ala Jepang ini sangat terkenal dengan kelembutannya. Saking lembutnya sampai-sampai dijuluki dengan chessecake kapas. Di Jepang, ada dua jenis Chessecake, yang pertama chessecake berbentuk bolu spons dan chessecake yang lumer ini. Keunikan lainnya, chessecake di Jepang umumnya dihiasi dengan karakter animasi Jepang di bagian permukaannya.

Apa Reaksi Kamu?