La Nina Akan Berlangsung Agustus Hingga September

La Nina Akan Berlangsung Agustus Hingga September

Jumat, 13 Mei 2016 | 14:26 | Rusmanto
WinNetNews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan fenomena La Nina akan berlangsung pada Juli hingga September 2016.

"Setelah fenomena El Nino yang terjadi cukup kuat beberapa bulan lalu, saat ini kami perkirakan dampak La Nina akan terjadi mulai Juli hingga September mendatang," kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya di Manado, Jumat (13/5/2016).

Dia menjelaskan beberapa waktu lalu curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia tidak terlalu signifikan karena pengaruh El Nino yang cukup kuat.

Saat ini pengaruh El Nino sudah menurun, yakni puncaknya terjadi sejak Desember 2015 kemudian menurun hingga Februari dan menunjukkan kondisi netral sekitar Maret dan April 2016.

Dampak La Nina berdasar pengalaman 1998 dan perbandingan pada 2010 adalah kenaikan curah hujan yang dimulai pada periode Juli, Agustus dan September 2016.

Secara umum, fenomena La Nina berkebalikan dengan El Nino yakni curah hujan akan semakin bertambah.

"Kalau El Nino, curah hujan akan berkurang, sedangkan La Nina sebaliknya. Curah hujan akan makin bertambah apalagi jika terjadi pada bulan akhir tahun yang sudah memasuki musim hujan," katanya.

Memang sebelumnya BMKG susah untuk melakukan prediksi fenomena La Nina, namun melihat kondisi yang ada saat ini dengan curah hujan yang tinggi diperkirakan akan mulai pada Juli hingga September.

Faktor lain yang memengaruhi pola musim di Indonesia yakni El Nino Souther Oscillation (ENSO) merupakan perilaku suhu permukaan laut di Pasifik Selatan dan biasanya berasosiasi dengan kejadian iklim ekstrim sehingga diperlukan Sistem Iklim Maritim yang memiliki kemampuan operasional dalam memonitor dan prediksi.

disadur dari situs bisnis

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...