Ladies, Ketahui 9 Arti Warna dan Tekstur Darah Menstruasi Anda!

Ladies, Ketahui 9 Arti Warna dan Tekstur Darah Menstruasi Anda!

Jakarta, WinGamers - Menstruasi atau haid adalah peristiwa bulanan yang lazim dialami setiap wanita. Menstruasi atau haid terjadi akibat peluruhan dinding rahim karena tidak dibuahi. Setiap wanita memiliki perbedaan dalam jumlah darah yang dikeluarkan pada saat masa menstruasi atau haid. Umumnya darah yang keluar berjumlah 4 hingga 12 sendok teh selama masa menstruasi atau haid terjadi.

Tak banyak yang tahu bahwa haid wanita bisa memprediksikan kondisi kesehatan dari jenis darah haid yang keluar pada saat menstruasi. Tahukah Anda, bahwa warna darah haid dan teksturnya memiliki arti masing-masing?

Yuk ladies, perhatikan arti dari warna dan tekstur darah haid berikut ini!

1. Darah Berwarna Merah Terang

Darah yang berwarna merah terang berarti darah tersebut baru saja dikeluarkan dari dalam tubuh dan alirannya cenderung ringan serta teratur.

2. Darah Berwarna Kecoklatan Hingga Kehitaman

Darah dengan warna kecoklatan hingga cenderung hitam biasanya keluar pada masa akhir menstruasi.

3. Darah Berwarna Merah Gelap

Darah dengan ciri warna merah gelap menandakan jika terjadi penyimpanan yang cukup lama di dalam rahim. BIasanya darah dengan ciri-ciri warna merah gelap ini keluar pada masa ketika wanita bangun tidur.

4. Darah Berwarna Orange

Darah yang berwarna orange menandakan bahwa darah tersebut telah tercampur dengan cairan dari serviks. Disamping itu, darah jenis ini juga bisa menjadi tanda suatu penyakit. Jika ladies mengalami jenis darah ini, maka perlu diwaspadai. Segera periksakan ke dokter jika darah berwarna orange keluar secara terus menerus ketika haid.

5. Darah Menggumpal

Penggumpalan yang terjadi pada darah menstruasi atau haid yang cenderung berat. Jika kondisi ini terus menerus terjadi, maka periksa lah ke dokter.

6. Darah Licin Sperti Jelly

Darah dengan kondisi licin seperti jelly merupakan darah yang bercampur dengan lendir dari serviks pada vagina.

7. Darah Tipis dan Cair

Darah yang tipis dan cair dan teksturnya agak licin merupakan darah yang normal. Biasanya darah tersebut sudah kembali bekerja sama dengan anticoagulant alami tubuh.

8. Darah Menggumpal dan Berwarna Keabu-abuan

Pada darah yang keluar dengan suatu gumpalan jaringan berwarna keabuan dalam jumlah yang banyak, itu berarti telah terjadi keguguran atau aborsi dan perlu segera diperiksa ke dokter.

9. Darah Keluar Dalam Jumlah Banyak dan Mengalami Penggumpalan

Jumlah darah yang keluar selama menstruasi lebih banyak dari biasanya dan darah mengalami penggumpalan dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini biasanya mengindikasikan adanya tumor jinak di dalam rahim.