Lagi Konflik, Xi Jinping Dukung Trump Kembali Jabat Presiden AS
Pertemuan Presiden China, Xi Jinping (kanan) dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. (Foto: Kabar24)

Lagi Konflik, Xi Jinping Dukung Trump Kembali Jabat Presiden AS

Selasa, 28 Jul 2020 | 14:35 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Tensi tinggi sejak beberapa waktu lalu antara Amerika Serikat (AS) dengan China membuat hubungan kedua negara kian renggang.

Namun rupanya di "belakang panggung", Presiden China, Xi Jinping mendukung Donald Trump kembali menjabat Presiden AS pada Pilpres AS yang bakal digelar November 2020.

Hal ini dilakukan Xi dalam mewujudkan pencapaian target internasionalnya. Hal itu diungkapkan Rodger Baker, Wakil Presiden Analis Strategis Statfpr.

"Terus terang, Beijing lebih suka melihat pemerintah Donald Trump berlanjut," kata Rodger Baker seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (28/7).

"Cara Trump bertindak ... persepsi internasional ... domestik di AS dan polarisasi, memberi Beijing keuntungan," imbuhnya.

Ia pun mengatakan apa yang ditakuti China sebenarnya, bahwa ada kebijakan dari AS dan internasional yang terkoordinasi dan membatasi gerak Tiongkok.

Perang dingin terjadi antara China dan AS. Baru-baru ini, China menutup Konsulat AS di Chengdu sebagai balasan penutupan Konsulat China di Houston.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan AS tak akan menolerir China yang ingin merebut tatanan global. Ia bahkan meminta sekutu mendorong China untuk berubah.

AS juga menangkap empat warga China yang dituding mata-mata. Keempatnya masuk AS dengan visa pelajar tanpa menyebutkan keterkaitan mereka dengan Tentara Nasional China (PLA).

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...