Lagi Mau Ganti Smartphone, Perhatikan 5 Hal Ini Biar Terhindar Barang Palsu

Lagi Mau Ganti Smartphone, Perhatikan 5 Hal Ini Biar Terhindar Barang Palsu

Winnetnews.com – Wuiih asyik nih! Mau ganti smartphone baru yah, Hati-hati! Yup, soalnya jaman sekarang banyak banget deh modus kriminal untuk mendapatkan keuntungan.

Sekarang ini banyak lho barang bermerk tapi aspal alias ‘asli tapi palsu’. Padahal, barang-barang tiruan seperti itu bisa merugikan produsen dan kita sebagai konsumen.

Tapi jangan khawatir yah, ini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan buat membedakan smartphone asli dengan yang palsu.

1. Cek spesifikasinya

image0

Pada umumnya, perangkat mobile yang keluar sekarang ini mampu berjalan di jaringan minimal GSM 850/900/1800/1900 dan 3G HSDPA 850/900/1900/2100. Sebaliknya, perangkat palsu nggak akan bisa melakukannya.

Selain jaringan, spesifikasi prosesornya juga dijadikan standar penilaian. Kemudian, dari kapasitas Ram dan ROM nya akan terlihat perbedaannya. Di perangkat asli, umumnya kapasitas RAM dan ROM akan lebih besar, sedangkan di produk palsu sangat terbatas, bahkan ada yang hanya sebesar 512MB.

Nggak hanya itu saja, kamera, layar, Wi-Fi, Bluetooth, sampai dengan baterainya juga dapat dijadikan penilaian apakah barang tersebut palsu atau nggak.

2. Cek semua bentuk, desain, dan warnanya

image1

Setiap produsen tentu bakal membranding produknya dengan ciri khusus. Walaupun terlihat sama, namun bentuk, desain, dan warna perangkat asli dan palsu berbeda. Berat, ukuran layar, serta detail dari perangkat juga dapat dijadikan acuan buat mengetahui apakah barang tersebut palsu atau asli.

3. Cek IMEI

image2

Memang nggak semua perangkat dapat menggunakan kode ini, namun mayoritas dapat melakukannya. Buat memeriksa nomor IMEI, kamu dapat menekan tombol *#06# dan ketika nomor IMEI sudah muncul pada layar, coba cocokkan dengan IMEI di box nya.

Setelah itu, kamu dapat mengetahui di mana tempat perakitan produk tersebut dengan melihat dari deret angka IMEI ke tujuh dan delapan. Ada kode-kode khusus yang dapat kamu jadikan rujukan dalam melihat tempat pembuatan perangkat itu di Google.

4. Curigai harganya

image3

Ini yang paling gampang. Kalo kamu dapat produk bagus tetapi di jual dengan harga yang sangat miring dibandingkan denga harga pasaran, kamu patut curiga lho.

Apabila disandingkan dengan produk asli, maka kualitas dari barang palsu nggak akan bisa mengunggulinya. Dan lagi, barang mahal tentu saja memiliki kualitas sendiri. Begitu pula produk asli yang rata-rata dipasarkan dengan harga yang mahal.

5. Cek data exif

image4

Cara ini tergolong mudah, sebab dengan menggunakan data exif foto yang diambil menggunakan kamera di smartphone kamu, maka dapat diketahui secara jelas keaslian dari smartphone tersebut. Ketika kamu mengabadikan suatu obyek menggunakan kamera di perangkat mobile, ketika hasilnya dicek di Galeri atau juga ketika dipindahkan ke PC, akan terlihat data exif lengkapnya pada properties.