(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Lagu Julia Perez 'Paling Suka 69' Tidak Boleh Diputar di Jawa Barat

contributor-two
contributor-two

Lagu Julia Perez 'Paling Suka 69' Tidak Boleh Diputar di Jawa Barat
WinNetNews.com - Banyak yang mengatakan kalau dangdut tanpa goyang, bagaikan sayur tanpa garam. Memang lagu dangdut kurang pas kalau tida ada goyangnya. Tetapi sayang maraknya perkembangan musik dangdut sekarang ini, malah menjadi merasahkan masyarakat.

Lantaran musik dangdut semakin kotor, mulai dari liriknya yang tidak pada jalurnya di tambah dengan goyangan yang seronok. Lagu dangdut memang banyak dinyanyikan kalangan menengah kebawah.

Tetapi banyak juga artis-artis ternama yang menjadi penyanyi dangdut, tentunya mereka menjadi contoh masyarakat banyak. Seperti Juli Perez, menjadi penyanyi dangdut dengan single Belah Duren menjadi lagi yang lumrah bagi orang dewasa. Tetapi para pendidik dan orang tua sayang ketakutan dengan berkembangnya lagu dangdut yang semakin seronok dan tidak mendidik.

Jawa Barat sepertinya tidak main-main, dengan melarangnya 13 lagu dangdut yang dianggap melanggaran aturan dan meresahkan, melarang memutarkan di radio lokal Jawa Barat dan televisi.

Pelarangan tersebut tercantum dalam surat edaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat bernomor 001/KPID JBR/04/2016 yang ditandatangani Ketua KPID Jabar, Dedeh Fardiah pada 11 April 2016.

"Ada aduan masyarakat. Betapa anak-anak kecil sudah hapal lagu 'Hamil Duluan', karena disiarkan terus-menerus. Itu yang memang keluhan masyarakat," ujar Dedeh kepada wartawan Selasa (03/05).

Tidak hanya itu, selain pelarangan ada 11 lagu dangdut lainnya yang hanya boleh disiarkan pada malam hari, mulai pukul 22.00-05.00 WIB.

"Namun setelah dicermati hasilnya 13 lagu dilarang diputar, termasuk video klipnya. Sementara 11 lagu lainnya harus dibatasi hanya untuk jam dewasa, yaitu pukul 10 malam sampai pukul 5 pagi," tutur Dedeh.

Lagu dangdut yang dilarang dan dibatasi itu dinilai melanggar norma sopan santun, mengandung seks bebas, hal-hal menyimpang, menjadikan perempuan sebagai obyek seperti yang diatur dalam P3SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran).

Berikut daftar lagu yang dilarang disiarkan televisi dan radio di Jawa Barat:

1. Julia Perez - Paling Suka 69

2. Mirnawati - Wanita Lubang Buaya

3. Zilva - Simpanan

4. Ade Farlan - Hamil Sama Setan

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});