Skip to main content

Lahan Gambut Indonesia, Surga Penyimpan Karbon Dunia Kini Mulai Jadi Ancaman

Lahan Gambut Indonesia, Surga Penyimpan Karbon Dunia Kini Mulai Jadi Ancaman
Lahan Gambut Indonesia, Surga Penyimpan Karbon Dunia Kini Mulai Jadi Ancaman

wingamers.com - Lahan Gambut merupakan wilayah yang unsur pembentuk tanahnya sebagian besar berupa sisa-sisa bahan organik yang tertimbun selama ribuan tahun.Lahan gambut berupa hutan kering yang berada di dataran rendah dan dekat dengan kawasan pesisir. Kondisi lahan gambut agak berawa yang diakibatkan oleh pembusukan bahan organik secara tidak sempurna, biasanya ketebalan tanahnya mulai dari 5 meter - 10 meter atau lebih.

Lahan gambut memiliki kemampuan menyimpan karbon yang cukup baik. Kandungan karbon di bawah permukaan lahan gambut mencapai 300-6000 C per hektar. Ketebalan/kedalaman lahan gambut menentukan jumlah karbon yang mampu disimpan. Lahan gambut di Indonesia tersebar di wilayah kalimantan, Papua, dan Sumatera. Lahan gambut di Kalimantan dan Sumatera lebih dalam di bandingkan di Papua.

Lahan Gambut di Indonesia memiliki nilai penting karena menyimpan sekitar 57 miliar ton karbon dan merupakan kawasan utama penyimpan karbon dunia setelah hutan hujan Amazon. Karbon berfungi sebagai pencegah emisi agar suhu bumi tidak mengalami kenaikan hingga 2 derajat Celcius.

Sementara itu, kondisi lahan gambut di Indonesia semakin memprihatinkan. Pembukaan lahan dan pembuatan kanal-kanal untuk akses perkebunan dan pertanian menyebabkan kondisi lahan gambut menjadi cenderung kering karena penurunan permukaan air tanah. Sehingga pada musim kemarau lahan gambut lebih mudah terbakar. Pada saat lahan gambut terbakar maka akan mempercepat proses emisi karbon ke udara. Hal ini juga mengakibatkan fungi lahan gambut yang semestinya menjadi pengendali resapan air dan penyimpan karbon terganggu.

Lahan gambut yang sudah rusak sulit untuk diperbaiki ke kondisi semula. Fakta mengejutkan bahwa, sebanyak 5 persen lahan gambut di pulau Sumatera dan Kalimantan mengalami kerusakan setiap tahunnya. Sementara itu lahan gambut yang kondisinya masih cukup baik saat ini berada di Papua. Dengan demikian maka rusaknya lahan gambut di Indonesia akan mengancam keseimbangan hidup masyarakat dunia. (rk)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top