Lakukan 7 Tips Penting Ini Saat Belanja Online!

Lakukan 7 Tips Penting Ini Saat Belanja Online! Foto:Ilustrasi

WinNetNews.com- Perkembangan teknologi dan informasi dijaman sekarang sudah semakin pesat. Karena perkembangan tersebut, manusia bisa belanja tidak harus pergi ke luar dengan mendatangi toko. Cukup dengan modal internet saja kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan melalui online shop.

Keberadaan online shop ini dapat dapat menghemat waktu dan tenaga. Untuk kamu yang sibuk bekerja kamu bisa membeli produk apa saja sambil bekerja.

Dengan kemudahan itu, tidak heran jika banyak orang lebih memilih belanja di online shop. Sama seperti manusia, online shop juga mempunyai sisi negatif. 

Produk yang dibeli tidak sesuai dengan gambarnya, ini seringkali terjadi pada pembelian pakaian. Dikutip dari IDN, berikut tips supaya kamu tetap nyaman belanja di online shop dan gak merasa zonk. 

1.Pilih online shop yang Terpercaya

Kamu harus memilih online shop dengan reputasi yang baik atau memiliki rating yang tinggi. Karena bisa dipastikan penjual tersebut menawarkan produk yang berkualitas. Seperti star seller, toko resmi dan sebagainya.

2. Harus lihat review pembeli 

Membaca review pembeli atau testimoni pembeli sangat menentukan kualitas produk. Kamu bisa melihat kualitas produk dari komentar-komentar pembeli sebelumnya. Apakah mereka sangat puas dengan produk tersebut atau mempunyai keluhan dengan produk yang dibelinya.

3. Perhatikan dengan jelas model yang ada di gambar

Pilihlah model baju yang sesuai dengan bentuk tubuh kamu. Di sini kamu harus tahu model seperti apa yang pas dengan bentuk tubuh. Jika kamu suka dengan model baju tertentu jangan lupa perhatikan hal ini karena bisa menentukan cocok tidaknya kamu menggunakan baju tersebut.

4. Jangan lupa dengan ukuran

Selain model, ukuran baju juga menjadi sorotan. Kamu harus tahu ukuran baju kamu apa. Kalau perlu kamu buat tentang detail ukuran bajumu yang lengkap kemudian simpan dengan baik-baik ya agar baju yang kamu beli pas.

5.  Keterangan bahan

Kamu juga memperhatikan bahan apa yang kamu suka, ini penting sekali untuk kamu yang mempunyai alergi terhadap bahan pakaian. Kalau kamu masih bingung dengan bahan yang kelihatan bagus tapi gak tau aslinya bagus atau tidak, kamu bisa coba cari tahu tentang bahan itu di internet atau coba lihat di mall.

6. Cek persyaratan

Jangan lupa mengecek persyaratan, apakah ada pengembalian barang jika tidak sesuai, berapa lama barang sampai, bagaimana cara membayar, dan lain sebagainya.

7. Jangan melepas tag harga

Jangan melepas tag harga di bajumu. Sebelum mencoba, lakukan pemeriksaan terhadap bajumu apakah ada yang cacat atau tidak. Jika ada, hubungi penjual dan lakukan pergantian barang.