Lakukan Hal ini Saat Jam Istirahat Agar Fokus Kerja Sampai Sore

Lakukan Hal ini Saat Jam Istirahat Agar Fokus Kerja Sampai Sore

Selasa, 19 Jan 2016 | 11:50 | Yudha Raditya
WinNetNews.com - Pernahkah Anda merasa sudah lelah, kurang semangat, serta lapar di tempat kerja saat pukul 4 sore? Jika iya, Anda tak sendirian. Memang tak sedikit pekerja yang merasa malas atau kurang produktif di sore hari.

Rasa malas dan lesu itu tentu akan mengganggu ketika Anda masih banyak tugas yang harus dikerjakan. Untuk menghindarinya, manfaatkanlah waktu istirahat atau makan siang dengan maksimal. Yakni dengan melakukan tujuh kegiatan selain makan berikut ini yang bisa meningkatkan fokus dan produktivitas kerja di sore hari.

1. Meditasi Ringan

Meditasi memang tidak umum dilakukan di sela-sela kerja. Namun sesi meditasi ringan saat istirahat bisa menenangkan pikiran dan membuat Anda lebih fokus bekerja hingga sore. Dilansir My Domaine, cara tersebut juga dilakukan oleh mendiang Steve Jobs yang sering disebut dengan teknik Mindfulness. Meditasi ini bahkan bermanfaat untuk mengatasi stres, insomnia, dan membuat pikiran lebih jernih serta kreatif.

2. Media Sosial

Penggunaan media sosial saat kerja memang tak disarankan karena bisa mengganggu penyelesaian tugas. Karenanya hal tersebut baik dilakukan saat istirahat. Sebuah studi terbaru mengungkap aktif di media sosial bisa sedikit menenangkan pikiran sehingga tak terlalu stres pada pekerjaan. Dengan begitu, otak Anda tidak akan terlalu lelah bekerja hingga waktunya jam pulang kantor.

3. Tidur Siang

Agar tak mengantuk saat sore, tak ada salahnyak tidur sebentar di sela-sela jam rehat. Tidur siang adalah hal yang natural dilakukan manusia. Penelitian juga menyarankan agar pekerja bisa menyempatkan beristirahat karena dapat meningkatkan kewaspadaan dan mood. Jika tidak bisa pulang ke rumah untuk mendapatkan tidur siang yang tenang, Anda bisa pergi ke mobil atau ruangan tak terpakai. Namun pastikan untuk tidak tidur terlalu lama, cukup 10-20 menit.

4. Mengobrol

Jangan hanya sibuk dengan gadget ketika jam makan siang. Coba ajak rekan kerja untuk mengobrol sebentar atau membicarakan sebuah ide. Interaksi langsung dapat membuat Anda lebih semangat dan tidak bosan sehingga tetap semangat kerja bahkan sampai malam.

5. Keluar Ruangan

Pergi ke luar ruangan juga bisa meningkatkan produktivitas kerja Anda. Meski hanya beberapa menit, sempatkanlah untuk menikmati suasana luar sekitar kantor. Jika perlu, ajak serta rekan-rekan kerja untuk melakukan meeting atau briefing di luar ruangan. Menurut riset yang diterbitkan Stanford University, kegiatan itu bisa mendukung kreativitas dan produktivitas kerja.

6. Dengar Musik

Mendengarkan musik di tengah hari memiliki fungsi yang serupa dengan mengobrol atau main media sosial. Hal tersebut juga bisa membuat Anda merasa senang dan menikmati waktu tanpa merasa diburu pekerjaan. Disarankan agar Anda memilih playlist yang berbeda untuk mood yang berbeda. Misalnya dengan mendengarkan serangkaian lagu yang membakar semangat pasca dimarahi bos atau sedang merasa lelah serta sedih.

7. Camilan Siang

Ngemil terlalu banyak memang tidak baik untuk kesehatan dan berat badan. Namun mengonsumsi makanan ringan seperti dark chocolate atau apel saat siang menjelang sore tentu diperbolehkan. Dengan begitu, Anda bisa tetap fokus, semangat, dan tidak kelaparan sampai sore.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...