Lalin Libur Natal Macet Parah

Lalin Libur Natal Macet Parah

WinNetNews.com - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Condro Kirono mengakui bahwa kemacetan arus lalin pada liburan Natal dan tahun baru ini lebih parah dibanding dengan lebaran Idul Fitri lalu. Setidaknya, ada beberapa penyebab yang menjadi catatan polisi.

"Operasi lilin ini beda dengan operasi ketupat tahun lalu, di mana kita memfungsikan atas koordinasi dengan Kementerian PU yang kita memfungsikan akses tol darurat yang tembus ke Brebes Timur, itu sangat membantu, jadi lebaran tahun lalu cukup bagus," kata Condro.

Condro menyampaikan itu di sela-sela pemantauan arus lalin dari udara sejak Jakarta, Cikampek, Cipali dan Pejagan, Jumat (25/12/2015).

Condro mengatakan, jalan tol darurat tidak bisa digunakan saat operasi lilin ini karena ada pengerjaan aspal. "Itu untuk mengejar lebaran tahun depan untuk bisa difungsikan," ujarnya.

Selain karena infrastruktur, liburan panjang dan pembatasan angkutan alat-alat berat yang beroperasi juga disebut jadi penyebab kemacetan parah.

Karena itu, lanjut Condro, pihaknya telah berkirim surat kepada Menteri Perhubungan agar angkutan berat kecuali sembako dan BBM untuk sementara tidak beroperasi saat operasi Natal dan tahun baru ini.

Condro mengatakan, langkah-langkah antisipasi juga telah dilakukan. Seperti penambahan personel di simpul-simpul kemacetan serta berkoordinasi dengan pengelola jalan tol agar transaksi di pintu tol dipercepat karena menyebabkan antrean.

"Khusus jalur arteri dilakukan kontra flow, kalau sudah sangat padat dilakukan kontra flow. Kalau di Pejagan ini juga menginformasi kepadatan ke Cirebon, agar petugas membuang arus ke Tol Kanci. Namun itu belum dilakukan," tutupnya.

disadur dari situs detik news