Skip to main content

Lamborghini Perkenalkan Lamborghini Aventador S

Foto: Search
Foto: Search

WinNetNews - Lamborghini akhirnya resmi memperkenalkan Aventador S dengan tenaga yang lebih ganas setelah sebelumnya menyebar video teaser. Huruf S pada Aventador S mewakili bodi yang lebih aerodinamis.

Dalam siaran persnya, Rabu (21/12) disebutkan, bagian depan mobil ini tampil lebih agresif dengan menggunakan splitter berotot yang bertugas mengarahkan aliran udara untuk meningkatkan pendinginan. Selain itu, bumper depan telah dibekali dengan dua saluran udara samping untuk membantu downforce.

Di bagian belakang, diffuser dengan sirip vertikal bertujuan untuk mengurangi drag, meningkatkan aliran udara dan membantu supercar menghasilkan downforce lebih baik. Tiga ujung knalpot menghiasi bagian belakang tengah. Bagian knalpot itu lebih ringan 20 persen daripada sebelumnya.

Berkat peningkatan sistem aerodinamika, Aventador S ini memiliki downforce tambahan lebih dari 130 persen pada as roda depan. Perbaikan yang signifikan ada pada bagian belakang dengan 50 persen downforce tambahan ketika sayap belakang berada dalam posisi optimal.

Mobil ini disebut LP 740-4. Artinya, Lamborghini Aventador S memiliki mesin V12 naturally aspirated 6.500 cc dengan tenaga 40 daya kuda lebih besar. Totalnya, mobil ini mampu menyemburkan tenaga hingga 740 daya kuda. Tenaga itu disalurkan ke as roda depan dan belakang melalui girboks ISR tujuh percepatan.

Torsinya masih tetap yaitu 690 Nm yang bisa dirasakan dari 5.500 rpm. Lamborghini mengatakan, revs maksimal mesin telah meningkat dari 8.350 rpm menjadi 8.500 rpm.

Akselerasi dari 0-100 km/jam hanya butuh waktu 2,9 detik. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 350 km/jam.

Aventador S ini merupakan model produksi pertama dari Lamborghini yang mendapatkan sistem kemudi empat roda (four-wheel steering). Sistem itu diklaim mampu meningkatkan kontrol lateral dengan membuat supercar lebih lincah saat kecepatan rendah dan menengah serta meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi.

Ban Pirelli P Zero bespoke mampu meningkatkan kemudi dan traksi serta memaksimalkan pengereman. Rem karbon keramik ada pada Aventador S sehingga mobil ini mampu berhenti dari kecepatan 100 km/jam dalam jarak 31 meter.

Pada interiornya, Lamborghini menyematkan instrument cluster digital baru yang menampilkan beberapa layout berdasarkan modus berkendara. Ada beberapa modus berkendara pada mobil ini yaitu Strada, Sport, Corsa dan Ego. Aventador S juga dibekali dengan Apple CarPlay.

Lamborghini berencana menjual Aventador S ini pada tahun depan. Di Amerika Serikat mobil ini dijual US$ 421.350 (Rp 5,6 miliar), di Eropa 281.555 euro (Rp 3,9 miliar) dan di Inggris 225.955 pound (Rp 3,7 miliar).

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top