(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Langgar Norma Hukum Internasional, Arab Saudi Eksekusi TKI Tuti Tanpa Notifikasi

Rusmanto
Rusmanto

Langgar Norma Hukum Internasional, Arab Saudi Eksekusi TKI Tuti Tanpa Notifikasi ilustrasi

WinNetNews.com - Sikap Pemerintah Arab Saudi yang mengeksekusi TKI Tuti Tursilawati dinilai menyalahi norma hukum internasional. Negara yang hendak menghukum mati warga negara asing (WNA), sesuai norma, harus memberi notifikasi kepadanegara atau perwakilan negara asal WNA.

"Yang pasti secara norma itu menyalahi aturan atau norma hukum internasional. Karena WNA kalau mau dilakukan proses hukum, apalagi hukuman mati, itu harus diberitahukan kepada negara atau perwakilan warga negara tersebut," kata Pakar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana, Rabu (31/10/2018).

Hikmahanto menuturkan kasus Tuti bukanlah kali pertama. Sebelumnya-sebelumnya Saudi juga mengeksekusi WNI tanpa notifikasi. "Ini kan Arab Saudi sudah berulang-ulang dan selalu memang kita sudah protes. Ya outputya mereka paling bilang 'bisa memahami' atau dubesnya bilang 'saya sampaikan ke pemerintah'. Tapi ya sudah sampai situ saja," sambung Hikmahanto.

Dia menilai sikap Menteri Luar Negeri sudah tepat dengan memanggil Dubes Arab Saudi di Jakarta. Namun Hikmahanto menjelaskan posisi Indonesia yang memang tak bisa mencampuri kedaulatan hukum Saudi. Apalagi, Indonesia tak memiliki daya tekan terhadap Saudi.

Hikmahanto mengaku dalam hal ini Indonesia bisa saja mengadukan perlakuan Saudi ke Dewan HAM Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Namun, lanjutnya, hal itu juga tak bisa menjamin sikap Saudi berubah. Menurut Hikmahanto, cara paling efektif untuk mengubah sikap Saudi adalah dengan menciptakan rasa ketergantungan dengan Indonesia.

"Kalau misalnya kita sudah protes, protes dan protes, nggak efektif juga, kita bisa ke Dewan HAM PBB. Tapi Dewan HAM PBB juga kalau misalnya memberikan teguran, lalu Arab bilang 'memang saya tunduk sama (Dewan) HAM PBB?'. Tapi kalau Saudi sangat bergantung ke kita, misalnya 'kalau kamu nggak lakukan ini, ini, maka begini,' itu mungkin bisa," jelas dia.

Hikmahanto menerangkan ada suatu perjanjian internasional yakni Vienna Convention on Consular Relation atau Kovensi Wina tentang Hubungan Konsuler, yang dijadikan acuan perlakuan satu negara terhadap negara lain. Namun dalam perjanjian itu memang tak dicantumkan sanksi bagi pihak yang melanggar.

Masih kata Hikmahanto, tak diberikannya notifikasi eksekusi mati Tuti oleh Arab Saudi bisa jadi karena hukuman mati di Arab adalah suatu hal yang biasa.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Eksekusi Tuti Tanpa Notifikasi, Saudi Dinilai Salahi Norma Hukum"

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});