Lansiapun Perlu Vaksin Influenza
ilustrasi

Lansiapun Perlu Vaksin Influenza

Sabtu, 6 Jul 2019 | 08:07 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Berbeda dengan pilek biasa, influenza adalah infeksi virus pada sistem pernapasan yang dapat menyebabkan komplikasi hingga kematian. Risiko komplikasi bertambah begitu seseorang berusia 65 tahun. Maka dari itu, upaya pencegahan dilakukan dengan memberikan vaksin influenza untuk lansia.

Mengapa perlu memberikan vaksin influenza untuk lansia?

Penyakit influenza umumnya bertahan dalam tubuh selama 1-2 minggu, dengan puncak gejala pada hari kedua atau ketiga. Orang-orang berusia produktif biasanya akan pulih dengan cepat, tapi tidak bagi lansia.

Lansia memiliki sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih lemah dibandingkan orang-orang berusia lebih muda. Penyebabnya adalah karena fungsi sistem kekebalan tubuh kian menurun seiring bertambahnya usia.

Sistem kekebalan tubuh yang menurun membuat lansia lebih rentan terhadap komplikasi. Tanpa adanya vaksin influenza untuk lansia, penularan dan komplikasi berupa bronkitis, pneumonia, kegagalan organ tubuh, hingga kematian menjadi semakin tinggi.

“Pada lansia yang memiliki penyakit kronis, infeksi virus influenza bahkan bisa memperparah penyakit yang telah ada,” jelas Prof. dr. Cissy B. Kartasasmita, SpA(K), PhD, ketika ditemui tim Hello Sehat di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (05/07).

Kondisi ini bahkan diperburuk oleh kurangnya kesadaran masyarakat. “Orang-orang di sekitar lansia sering menganggap remeh gejala yang timbul. Mereka menganggapnya sebagai flu biasa. Padahal, sekali tertular, semua orang bisa ikut sakit,” tambahnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...