Skip to main content

Lapor Online Untuk Tanggulangi Warga Miskin

Lapor Online Untuk Tanggulangi Warga Miskin
Lapor Online Untuk Tanggulangi Warga Miskin

image0

Ilustrasi warga di wilayah Kabupaen Kebumen (wingamers/statda-padureso)

Jakarta, wingamers - Hari ini (9/9) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan peresmian Unit pelayanan terpadu (UPT-P2k), Launching sistem informasi desa (SID), serta pelayanan cepat taspen kabupaten kebumen, di Jalan Sarbii No37, Kabupaten Kebumen.

Tim koordinasi percepatan penanggulangan kemiskinan kinerjanya bisa dioptimalkan dengan Unit Pelayanan Terpadu. Selain itu sistem informasi desa juga perlu diterapkan guna percepatan akses data dan informasi publik di desa. Melalui SID diharapkan setiap warga desa akan mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. Dengan SID tersebut diharapkan ketua RT dan RW bisa membantu melakukan pendataan terhadap warganya yang tidak mampu.

Dalam data menyebutkan Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kebumen tahun 2013 mencapai 251.100 jiwa atau sebesar 21,32% dari total penduduk 1,3 juta.

Tercatat hingga saat ini SID secara online baru terpasang di 100 desa sementara 339 desa lainnya masih offline dan sedang diupayakan agar bisa online. SID ditujukan untuk sinkronisasi data yang digunakan sebagai dasar indikator penilaian masyarakat miskin karena selama ini pendataan dianggap kurang efektif.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama pemerintah Kabupaten Kebumen bekerjasama dengan PT Taspen dalam program Aplikasi Gaji Integrasi Nasional. Aplikasi Gaji Integrasi Nasional adalah sebuah pelayanan cepat pengurusan dan penyelesaian jaminan hari tua, sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap aparatur sipil negara yang aktif atau purna tugas.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top