(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Laptop Anda Penuh Virus? Begini Cara Membersihkannya

Oky
Oky

Laptop Anda Penuh Virus? Begini Cara Membersihkannya

Winnetnews.com - Laptop kini bukan menjadi barang yang asing di telinga kita, sebut saja laptop Acer yang sudah banyak kita jumpai di berbagai toko elektronik. Laptop tak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga alat untuk membantu mengerjakan hal-hal yang bersifat penting, seperti mengerjakan proyek, menulis novel, membuat konten video, dan masih banyak lagi.

Namun, ada satu permasalahan yang mungkin sering Anda jumpai pada laptop. Virus menjadi salah satu permasalahan yang seringkali menjangkiti laptop Anda. Virus ini berupa malware yang nantinya berpotensi menyebar dengan mudah dan cepat pada perangkat laptop yang satu dengan lainnya.

Hal ini dapat memberikan dampak negatif pada laptop Anda. Seperti mencuri data-data penting, mengunci hard disk, membuat data menjadi corrupt atau tidak bisa dibuka, dan masih banyak dampak negatif lainnya.

Beberapa virus seringkali menyebar melalui media aplikasi e-mail, flash disk yang terkena virus sebelumnya,  juga internet. Kebanyakan virus yang menginfeksi suatu perangkat laptop menyebabkan RAM laptop penuh sehingga laptop menjadi lemot. Beberapa virus yang sering kita jumpai pada Laptop Acer maupun beberapa laptop lainnya diantaranya Worm, Trojan, dan Spyware.

Virus Worm merupakan jenis virus yang menyebar tanpa memerlukan interaksi dengan penggunanya, biasanya terdapat pada lampiran e-mail yang diterima pengguna. Sama halnya dengan Virus Worm, virus ini tidak memerlukan interaksi dengan penggunanya namun memiliki kemampuan menyembunyikan dirinya di dalam program lain. Sedangkan Spyware yaitu virus yang dapat menginstall dirinya pada laptop yang telah terinfeksi tanpa sepengetahuan penggunanya.

Maka dari itu, jika laptop Anda mulai terinfeksi virus, maka Anda harus segera menghilangkannya. Mungkin sebagian dari Anda seringkali melakukan proses install ulang pada laptop, namun hal tersebut kurang efektif karena akan membuat data yang tersimpan pada laptop menjadi rentan tertimpa karena adanya proses partisi.

Berikut ini merupakan cara efektif membersihkan laptop dari virus, yaitu sebagai berikut:

  1. Download software/aplikasi Malwarebytes Anti-Malware melalui website resminya, pilih sesuai versi yang diinginkan, bisa versi PC atau laptop. Software ini juga cocok untuk diterapkan pada laptop Acer.
  2. Lalu install aplikasi tersebut pada laptop. Cukup mengikuti petunjuk yang ada.
  3. Jika sudah terinstall, jalankan aplikasi tersebut dengan mode administrator.
  4. Mulailah proses pemindaian/scanning pada laptop Anda untuk mendeteksi virus.
  5. Proses scanning cukup memakan banyak waktu, terlebih jika file Anda lumayan banyak. Dengan menggunakan aplikasi Malwarebytes, tingkat deteksi dan juga database yang dimilikinya akan membantu laptop Anda mendeteksi virus yang sulit dideteksi oleh sebagian besar antivirus.
  6. Apabila virus yang ada pada laptop terdeteksi, maka software ini akan memberikan tindakan sesuai dengan keinginan Anda. Bila Anda memiliki kesulitan dalam mengoperasikannya, sebaiknya Anda mengikuti langkah-langkah yang direkomendasikan oleh program ini.
  7. Jika proses scanning telah selesai, Anda bisa menutup aplikasi lalu me-restart laptop.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa proses pembersihan laptop sudah benar-benar selesai. Setelah itu, cek kembali kondisi laptop Anda, apakah masih ada virus atau tidak.

Demikianlah beberapa tips mengenai cara membersihkan laptop dari virus. Lakukan scanning pada laptop secara berkala agar dampak negatif dari virus tidak merusak laptop Anda. Laptop Acer kini hadir dalam beberapa seri terbarunya. Harga Acer Swift 3 dapat Anda cek di marketplace Bukalapak.com dengan penawaran harga terbaik. Berbelanja di Bukalapak.com membuat pengalaman berbelanja Anda semakin mudah dan nyaman.

 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});