Laptop Kamu Rusak, Mau Ganti Baru? Pertimbangkan 5 Hal ini Sebelum Membeli

Laptop Kamu Rusak, Mau Ganti Baru? Pertimbangkan 5 Hal ini Sebelum Membeli

Winnetnews.com – Laptop kamu rusak? Terus lagi mikir mau ganti laptop baru, nah sebagai konsumen kita juga nggak boleh termakan sama iming-iming promo, kalo nggak mau membeli laptop yang salah karena nggak sesuai dengan kebutuhan.

Nah supaya kamu nggak salah beli laptop, perhatikan deh 5 hal ini dalam membeli laptop:

1. Spesifikasi laptop

Kalo kamu mau beli laptop sebaiknya kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu dong. makanya perhatikan spesifikasi laptop, terutama pada bagian yang nggak kelihatan, penting diketahui agar kamu mampu menilai potensi laptop yang akan kamu beli.

Jangan nyesel kalo kamu mendapatkan laptop dengan spesifikasi minimum hanya karena kamu nggak melihat dalaman laptop kamu. Nah, beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah prosesor, memori, hardisk, koneksi (usb, bluetooth, wifi, dsb), dan baterai. Lihat dan cari tahu apakah harga laptop sesuai dengan spesifikasinya.

2. Uang yang tersedia

Nah, kalo sudah tahu spesifikasinya, langsung deh kamu sesuaikan dengan budget yang udah kamu sediakan. Dengan menyiapkan sejumlah dana yang akan kamu keluarkan, kamu juga bisa menentukan model serta merk yang akan kamu beli.

Menentukan berapa budget untuk membeli laptop merupakan beban tersendiri, karena kamu juga harus menyesuaikannya dengan model laptop yang kamu butuhkan.

image0

3. Fungsi Laptop

Pertimbangkan juga dengan fungsi laptop yang bakal kamu gunakan. Apa laptop kamu akan digunakan untuk keperluan tertentu saja seperti bermain game, cuma mengetik, mengedit gambar, atau apapun.

Jika kamu lebih banyak menggunakan laptop untuk menulis atau mengedit teks dan membuat tabel, kamu bisa memilih laptop yang memiliki spek minimum.

Kalo kamu lebih sering main game, mending kamu pilih laptop dengan spek yang tinggi dibanding hanya mengedit teks. Minim, tersedia prosessor i7, kartu grafis yang kuat, dan juga memori yang besar. Nah, kalo kamu lebih sering melakukan kegiatan kreatif seperti editing film atau foto, kamu perlu memperhatikan ukuran layar yang besar, resolusi yang tinggi, serta prosessor dengan kecepatan tinggi.

4. Ukuran layar

Nah ini juga jadi bahan pertimbangan juga lho. Ukuran layar mempengaruhi berat laptop. Semakin besar ukuran layar, semakin berat bobot laptop kamu. Jika kamu termasuk orang yang sering berpindah-pindah, kamu bisa pilih laptop dengan ukuran kecil. Kalo kamu lebih sering menggunakan laptop untuk kegiatan kreatif, maka lebih cocok kamu memilih laptop dengan ukuran layar besar.

5. Sistem Operasi

Sistem operasi juga menentukan kenyamanan ketika kamu menggunakan laptop. Selain itu, kecepatan laptop ditentukan oleh OS yang digunakan. Sesuaikan spesifikasi laptop dengan OS yang disarankan.