Lava Gunung  Kilauea Hawaii Mengalir ke Samudera Pasifik
Sumber:VOA

Lava Gunung Kilauea Hawaii Mengalir ke Samudera Pasifik

Selasa, 22 Mei 2018 | 13:44 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com-  Lava panas dari gunung api Kilauea di Hawaii sepertinya sudah semakin meluas. Dikutip dari VOA, lahar itu mengalir ke Samudera Pasifik. Pancuran lahar berwarna jingga terlihat menyembur lebih dari 5 meter ke udara hari Sabtu, menciptakan sungai-sungai dari batu cair yang menghancurkan beberapa rumah dan membuat jalan-jalan raya utama terancam tertutup. Lahar panas juga menelan korban serius pertama.

Letusan gunung Kilauea yang mulai terjadi awal Mei, tampaknya semakin menghebat. Para pejabat mengatakan, gunung api itu bisa memuntahkan batu cair seukuran kulkas dan bahkan potongan-potongan kecil bisa mematikan.

Menurut ahli Fenix Grange, geologi khawatir magma segar dapat muncul di lokasi sejauh 40 kilometer dari puncak gunung api. Abu dan gas beracun dari gunung api itu sudah menyebar lebih jauh lagi. Para pejabat kesehatan mengatakan, bahkan mereka yang tinggal jauh dari gunung api itu bisa terkena dampaknya.

"Terutama orang-orang yang mungkin sudah punya masalah pernapasan, harus berlindung atau meninggalkan daerah yang bermasalah. Tetap tinggal di dalam rumah juga baik di daerah-daerah yang tertimpa hujan abu,” jelas Fenix Grange.
 

Sumber:Youtube

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...