Lawang Sewu

Doni Wicaksono
Senin, 03 Agustus 2015 22:31 WIB
Oleh Doni Wicaksono pada Senin, 03 Agustus 2015 22:31 WIB
Image  Lawang Sewu

Bangunan Lawang Sewu ini merupakan salah satu gedung peninggalan Belanda yang kini menjadi cagar budaya dan dimanfaatkan sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Semarang, Jawa Tengah. Bangunan yang dahulunya digunakan sebagai kantor Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), merupakan sebuah Perusahaan Kereta Api Swasta milik Belanda pada masa kolonial. Gedung ini juga sempat dijadikan sebagai penjara bawah tanah oleh tentara Jepang, lokasi pertempuran 5 hari di Semarang antara pemuda AMKA (Angkatan Muda Kereta Api) setelah melawan tentara Kempetai dan Kidobutai dibawah komando Jepang, setelah penjajahan Belanda. Juga pernah digunakan untuk kantor pemerintahan pasca kemerdekaan, nah saat ini pengelolaannya dibawah naungan PT. Kereta Api Indonesia loh.

Setelah membayar biaya masuk sebesar 10rb, langsung saja menyusuri kompleks bangunan Lawang Sewu ini, bangunan bergaya indis sangat kental terasa. Penamaan Lawang Sewu ini tidak bisa dilepaskan dari banyaknya jumlah pintu serta daun jendela yang tinggi dan lebar sehingga memberikan kesen bangunan ini memiliki pintu dalam jumlah banyak.

Sekarang bangunan ini terasa lebih asri, setelah pemerintah melakukan renovasi dan pemugaran yang selesai dikerjakan pada tahun 2011 silam. Kesan angker dan mistis sudah tidak begitu terasa karena setiap sudut bangunan kini ditata sedemikian rupa. Beberapa ruang disulap menjadi museum untuk memajang beberapa koleksi yang berkaitan dengan perjalanan kariwe PT. Kereta Api Indonesia. Ada pula bangunan yang difungsikan sebagai museum yang mendokumentasikan proses pemugaran di Lawang Sewu.

Nah penasaran dengan ornamen hiasan kaca patri dijendela dan juga ruang bawah tanah yang tergenang air dimana konon katanya banyak muncul penampakan disana! Disini memang tempatnya menarik untuk diabadikan oleh bidikan kamera, banyak orang yang datang untuk mengabadikannya bahkan ada juga loh pasangan yang melakukan prewed disini.

Untuk info Lawang Sewu ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 sampai 21.00, nah tenang bagi yang ga berani disini juga ada jasa pemandu yang disediakan pihak Lawang Sewu jadi ga perlu takut.

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Gak Diundang, Donald Trump Kasih Hadiah Ini Pangeran Harry-Meghan

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.