Lebih 500 BTS Tidak Berfungsi, Kominfo Siapkan Telepon Satelit

Lebih 500 BTS Tidak Berfungsi, Kominfo Siapkan Telepon Satelit ilustrasi

WinNetNews.com - Upaya pemulihan terus dilakukan pemerintah, termasuk akses telekomunikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) usai gempa 7,4 magnitudo mengguncang Donggala dan tsunami menghantam Palu, Sulawesi Tengah, kemarin (28/9).

Tim dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Infromatika (BAKTI) Kementerian Kominfo akan membawa 30 telepon satelit pada hari ini, di mana nantinya akan digunakan untuk komunikasi bagi para petugas posko pemulihan bencana selama masa tanggap darurat.

"Tim BAKTI Kemkominfo akan bergabung bersama 25 Tim Kominfo Palu," ujar Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Seto, Sabtu (29/9/2018).

Dalam catatan Kominfo, update dari wilayah gempa hingga pukul 05.00 pagi tadi, lebih dari 500 BTS telekomunikasi seluler tidak bisa berfungsi. Penyebabnya antara lain karena terhentinya pasokan listrik dari PLN.

"Kementerian Kominfo juga akan segera siapkan perangkat internet satelit untuk memudahkan pengiriman informasi dan data pasca-bencana," kata pria yang disapa Nando ini.

Sampai pagi ini pukul 07.00, tim Pemulihan Bencana Sulawesi Tengah di bawah pimpinan Kementerian Polhukam siap berangkat menuju Palu dengan menggunakan Pesawat Hercules. Tim terdiri atas Bazarnas, BNPB, Kementerian Sosial, Kementerian Kominfo, jurnalis.

"Masyarakat Sulawesi Tengah dan sekitarnya diminta tetap tenang dan tetap waspada," imbaunya. (detikcom)