Lebih Gesit, Ridwan Kamil Akan Bentuk Tim Pencari Anak Putus Sekolah

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Lebih Gesit, Ridwan Kamil Akan Bentuk Tim Pencari Anak Putus Sekolah Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil. (Dok Humas Pemprov Jabar)

Winnetnews.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil dikenal dengan terobosan-terobosan kebijkan yang segar. Kali ini ia akan membentuk tim gabungan yang bertugas khusus mencari anak putus sekolah.

“Sebentar lagi saya akan menyusun tim gabungan khusus untuk mencari anak putus sekolah. Jadi caranya kami jemput bola, kami tidak mau laporan datang dari wartawan yang seringkali dapat info duluan, kami harus lebih gesit,” ujar Ridwan Kamil saat menghadiri pengukuhan Pengurus Dewan Pendidikan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Rabu (17/7/2019).

Seperti dilansir Kompas, ide ini muncul di pikiran Emil sebab tak ingin menemukan ada anak-anak di Jabar yang luntang-lantung di jalanan atau melakukan pekerjaan yang tidak sesuai umurnya dengan alasan tak ada biaya untuk sekolah.

Ia menceritakan pengalamannya ketika memergoki tiga anak berusia sekolah dasar sedang mabuk lem di kawasan Alun-alun Bandung, beberapa waktu lalu. Ia pun membujuk bocah itu agar kembali mengenyam pendidikan dan dibiayai pemerintah. Menurut Emil, pemerintah tidak boleh lalai dalam mengatasi persoalan anak bangsa yang putus sekoah.

“Ini hanya masalah kekompakan, kegesitan. Jangan sampai ada anak bangsa tak jadi cita-citanya karena negara lalai, negara tidak gesit, negara acuh. Kami bertekad dalam lima tahun kepemimpinan tidak ada anak putus sekolah,” pungkasnya.

Apa Reaksi Kamu?