(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Atletik Legenda Indonesia, Purnomo Telah Meninggal Dunia

Aldina
Aldina

Atletik Legenda Indonesia, Purnomo Telah Meninggal Dunia google.com

Winnetnews.com  - Kali ini Indonesia telah kehilangan salah satu putra terbaiknya di bidang atletik. Purnomo Muhammad Yudhi, legenda atletik yang sangat terkenal sebagai manusia tercepat di Asia telah meninggal dunia di Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Purnomo telah berpulang kepada-Nya pada usia 56 tahun, ia selama ini telah berjuang melawan penyakit kanker getah bening yang menggrogoti tubuhnya.


Purnomo bersama keluarganya, Sumber foto: google.com

Pria kelahiran Purwokerto, Jawa tengah, 12 Juli 1962 ini pernah mengharumkan nama Indonesia dari beragam kejuaraan Asia serta dunia. Pada tahun 1984, saat Olimpiade di Los Angeles, Purnomo sempat menjadi perwakilan Asia pertama di semifinal 100 meter putra.

Walaupun tak sempat meraih medali pada saat itu, namun Purnomo berhasil mematahkan rekor atletik yang diidolakannya, Mohammad Sarengat, dengan catatan waktu 10,30 detik. Rekor inilah yang menjadikan Purnomo sebagai manusia tercepat di Asia. Pada tahun-tahun sesudahnya, rekor tersebut hanya bisa dipecahkan oleh Mardi Lestari di PON 1989 Jakarta dengan catata waktu mencapai 10,20 detik.

Satu tahun sebelumnya, pada saat Kejuaraan Dunia IAAF di Helsinki 1983, Purnomo menjadi satu-satunya wakil dari Asia di final 100 meter putra. Ia berhasil menduduki posisi keempat pada saat final.

Prestasi tertinggi yang telah ia raih di Kejuaraan Atletik Asia 1985 di Jakarta, pada saat itu Purnomo berhasil merebut dua emas di noor 100 dan 200 meter putra. Tak hanya sampai disitu saja, ia juga meraih perak di Kejuaraan yang sama.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});