Leher Menghitam Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius, Begini Penjelasannya

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Leher Menghitam Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius, Begini Penjelasannya Ilustrasi (sumber: hello sehat)

Winnetnews.com - Saat mengalami penyakit serius, pertanda yang mudah dikenali adalah melalui perubahan pada tubuh. Namun terkadang, gejala-gejala yang muncul ini sering disepelekan.

Salah satunya yakni perubahan warna kulit. Kulit yang menebal dan berubah warna menjadi lebih gelap, biasanya dianggap karena orang tersebut jorok dan malas mandi.

Namun, perubahan kulit yang terjadi itu bisa menjadi tanda kalau kamu terkena penyakit selur. Dalam istilah medis, keadaan leher yang menghitam bisa disebut dengan Acanthrosis Nigricans (AN).

Dilansir dari Grid.id, kondisi ini menyebabkan kulit menjadi gelap dan tebal, seperti beludru yang bertekstur. Keadaan ini bisa muncul di lipatan paha, ketiak, ataupun leher.

Berikut ini beberapa kondisi yang ditunjukkan oleh perubahan warna kulit leher yang menghitam.

Sindrom cushing

Sindrom ini terjadi lantaran kadar hormon kortisol tinggi secara abnormal. Biasanya, disebabkan oleh penggunaan obat kortikosteroid yang berlebihan.

Sindrom cushing disertai dengan gejala munculnya stretch mark, naiknya berat badan secara signifikan, mudah lelah, dan tekanan darah selalu tinggi.

Gangguan hormonal

Acanthrosis Nigricans bisa terjadi karena hormon dalam tubuh tidak seimbang. Produksi hormon insulin yang kurang atau hormon laij yang berlebihan, bisa menyebabkan penebalan kulit.

Obesitas

Orang yang memiliki Acanthrosis Nigricans biasanya memiliki tubuh yang gemuk dan cenderung obesitas.

Sebaiknya, ini menjadi peringatan untuk tidak makan berlebihan, karena terlalu banyaknya lemak di dalam tubuh. Selain itu, obesitas juga bisa meningkatkan risiko diabetes.

Apa Reaksi Kamu?