Lembaga Mana Yang Paling Terpercaya?

Lembaga Mana Yang Paling Terpercaya?

Rabu, 13 Jan 2016 | 10:40 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Menurut hasil jajak pendapat yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), secara umum warga percaya pada lembaga-lembaga negara.

Hasil survei yang dirilis Selasa (12/1) itu menunjukkan lembaga paling dipercaya adalah Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lembaga Kepresidenan, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketiga lembaga ini dipercaya telah bekerja sesuai harapan rakyat oleh lebih dari 80% warga. Yang tertinggi adalah TNI (hampir 90%), sementara Lembaga Kepresidenan dan KPK berada di sekitar angka 83%.

Sedangkan dua lembaga yang paling kurang dipercaya rakyat adalah Partai Politik (52%) dan DPR (55%), seperti terangkum dalam laporan berjudul "Menjadi Lebih Presidensial di 2016, Harapan Publik Nasional".

Dukungan dan harapan masyarakat terhadap KPK juga cukup kuat. Di satu sisi, warga tak setuju dengan revisi UU KPK bila revisi itu menghilangkan wewenang KPK untuk penyadapan dan penindakan, dan di sisi yang lain warga lebih percaya pada KPK dibanding lembaga-lembaga penegak hukum lain seperti polisi, jaksa, dan pengadilan. Mayoritas warga juga percaya bahwa revisi UU KPK akan memperlemah KPK (61%)

SMRC melakukan survei pada 1.220 responden. Metode yang mereka gunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error sebesar +/- 3,2 % pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden diwawancara dengan tatap muka pada 10 hingga 20 Desember 2015.

(seperti dilansir Berita Satu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...