Lengan Terasa Nyeri Usai Disuntik? Ini Alasannya
ilustrasi

Lengan Terasa Nyeri Usai Disuntik? Ini Alasannya

Jumat, 26 Jul 2019 | 20:27 | Rusmanto
Winnetnews.com - Banyak yang bilang sakit saat disuntik jarum seperti sedang digigit semut. Memang, ketika itu rasa sakitnya hanya sekejap, tapi setelah disuntik tak sedikit orang yang justru mengeluhkan lengannya terasa nyeri. 

Rasa nyeri setelah disuntik bahkan bisa bertahan sampai berjam-jam hingga berhari-hari. Lantas, kenapa, ya, lengan bisa terasa nyeri setelah disuntik?

Mengapa lengan terasa nyeri setelah disuntik?

Sebagian besar orang yang takut disuntik karena tidak mau merasakan rasa sakitnya. Rasa sakit dan nyeri timbul setelah disuntik sebenarnya adalah efek samping dari tindakan medis tersebut.

Hal ini juga tergantung dengan jenis obat yang disuntikkan ke dalam tubuh. Jika Anda baru saja disuntik vaksin, rasa nyeri umumnya akan bertahan hingga sehari atau dua hari.

Reaksi tersebut adalah reaksi alergi yang biasanya menimbulkan gejala, seperti kulit menjadi gatal, kemerahan, atau justru mengalami pembengkakan. Namun tenang, reaksi ini bisa hilang dengan sendirinya, seiring dengan berjalannya waktu.

Menurut American Lung Association, lengan sakit dan nyeri sampai ke otot setelah disuntik vaksin, biasanya disebabkan karena sistem imun yang aktif saat itu. Hal ini terjadi karena vaksin sebenarnya berisi virus yang tidak aktif.

Meski virus tidak aktif, hal ini memicu reaksi sistem imun untuk memproduksi berbagai antibodi. Nah, ketika antibodi berusaha melawan si virus yang ‘mati’ ini, respon alergi biasanya akan muncul.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...