Leonardo DiCapirio Dituduh Danai Kebakaran Hutan Amazon

Leonardo DiCapirio Dituduh Danai Kebakaran Hutan Amazon

Senin, 2 Des 2019 | 14:23 | Cindy Cesilia
Winnetnews.com -  Kabar terbaru datang dari bintang film Titanic, aktor Leonardo DiCaprio baru-baru ini mendapatkan tuduhan dari Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. Dikutip dari Reutres, Jair Bolsonaro menuding Leonardo DiCaprio telah membiayai pembakaran Hutan Amazon.

"Leonardo DiCaprio ini keren kan? Memberi uang untuk membakar Amazon," ujar Jair Bolsonaro. Presiden Brasil mengomentari unggahan media sosial yang mengklaim bahwa World Wildlife Fund (WWF) membayar foto-foto dari relawan pemadam kebakaran yang digunakan untuk mendapat donasi. Termasuk donasi sebesar US$500 ribu, atau lebih dari Rp70 miliar, dari Leonardo DiCaprio.

Selasa lalu, empat anggota LSM Alter do Chão Fire Brigade ditangkap karena tuduhan sengaja membakar hutan demi mendapat donasi yang semakin besar. Keempatnya dibebaskan dua hari kemudian.

Mengetahui tuduhan itu, aktor 45 tahun itu merilis pernyataan setelah Bolsonaro menuduhnya ikut membiayai kebakaran yang baru-baru ini terjadi di Amazon.

image0

"Pada masa krisis Amazon ini, saya mendukung orang-orang Brasil yang bekerja untuk menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka," tulis DiCaprio di Instagram. "Mereka adalah contoh yang luar biasa, contoh penggerak dan komitmen dengan rendah hati, dan punya semangat yang dibutuhkan untuk menyelamatkan lingkungan," tambahnya lagi.

Selain itu, aktor tampan itu juga tidak akan membiarkan Presiden Brasil Jair Bolsonaro menghalangi dukungannya terhadap hutan hujan Amazon. Pernyataan itu muncul sehari setelah presiden Brasil mengomentari media sosial yang mengklaim bahwa World Wildlife Fund, sebuah organisasi lingkungan internasional, membayar untuk gambar yang diambil oleh petugas pemadam kebakaran sukarela selama kebakaran Amazon dan kemudian menggunakan gambar untuk meminta sumbangan, termasuk sumbangan US$500.000 atau Rp7 miliar lebih dari DiCaprio.

Sebelumnya, pernyataan Presiden Brasil ini datang karena empat anggota brigade pemadam Alter do Chão ditangkap pada hari Selasa. Mereka dituduh membakar dengan tujuan mengambil foto untuk meminta sumbangan.

Penangkapan itu secara luas dikecam oleh para politisi dan organisasi lain yang melihatnya sebagai langkah lain presiden sayap kanan untuk mengkerdilkan kelompok lingkungan.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, World Wildlife Fund membantah menerima sumbangan dari Leonardo DiCaprio dan memperoleh foto kebakaran hutan Amazon dari petugas pemadam kebakaran.

Leonardo DiCaprio memang dikenal sebaagi publik figur yang sangat peduli lingkungan. Dalam akun media sosialnya, bintang film The Revenant itu sering memperlihatkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan membuat yayasan yang berpusat untuk kepedulian lingkungan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...