Leonardo DiCaprio Sumbang Rp623 Miliar untuk Konservasi Pulau Galapagos
Foto: Getty Images

Leonardo DiCaprio Sumbang Rp623 Miliar untuk Konservasi Pulau Galapagos

Kamis, 1 Jul 2021 | 16:30 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Leonardo DiCaprio memberikan donasi sebesar Rp623 miliar untuk pembangunan kembali Pulau Galapagos. Aktor ‘Titanic’ ini menggambarkan pulau tersebut sebagai salah satu tempat yang tidak bisa tergantikan.

Melansir Huffpost, uang tersebut akan digunakan dalam proyek yang berlangsung selama 10 tahun mendatang. Proyek tersebut meliputi pemulihan Pulau Floreana yang merupakan rumah bagi 54 spesies yang terancam punah dan memperkenalkan kembali 13 spesies lokal yang punah.

Salah satu hewan yang hampir punah yang berada di Pulau Galapagos, yakni burung mockingbird Floreana.

Galapagos merupakan kumpulan pulau vulkanik Ekuador di kedua sisi khatulistiwa di Samudera Pasifik. Pulau ini menjadi rumah bagi populasi spesies tumbuhan dan hewan yang sangat beragam dan tidak ditemukan di tempat lain.

Charles Darwin pernah berkunjung ke pulau ini pada 1835 dan tempat tersebut mengilhami teori evolusinya.

“Di seluruh dunia, alam liar semakin berkurang,” kata Leonardo DiCaprio.

“Kita telah merusak tiga perempat dari tempat-tempat liar, dan mendorong lebih dari satu juta spesies ke ambang kepunahan. Lebih dari setengah wilayah liar yang tersisa di Bumi dapat menghilang dalam beberapa dekade mendatang jika kita tidak bertindak tegas,” jelasnya.

Proyek konservasi ini juga akan melibatkan Re:wild, sebuah organisasi yang didirikan oleh ilmuan konsevarsi dan Leonardo DiCaprio. Selain itu, Direktorat Taman Nasional Galapagos, Island Conservation, sebuah organisasi nirlaba dari Santa Cruz, masyarakat lokal, dan beberapa organisasi dari departemen pemerintah setempat juga akan dilibatkan.

Proyek ini tidak hanya berfokus pada Kepulauan Galapagos, tapi juga mencakup semua kepulauan yang ada di Pasifik Amerika Latin.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...