Lepas dari Pasangan Manipulatif? Ini Tips untuk Memulihkan Diri
ilustrasi

Lepas dari Pasangan Manipulatif? Ini Tips untuk Memulihkan Diri

Sabtu, 27 Jul 2019 | 06:28 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Pasangan yang manipulatif dapat memberikan dampak serius bagi kondisi emosional, sebab Anda harus terus menghadapi emosi negatif selama menjalani hubungan. Bagi Anda yang telah berhasil melepaskan diri pasangan manipulatif, kini saatnya memulihkan diri dan memulai lembaran baru.

Tips memulihkan diri dari pasangan manipulatif

Hubungan manipulatif yang terjadi dalam waktu lama dapat menyisakan perasaan terisolasi, tertindas, bahkan merasa diri tidak berharga. Namun, Anda tetap bisa mengusir semua perasaan ini dengan cara berikut:

1. Menjaga jarak dari mantan pasangan

Orang-orang manipulatif dapat mengubah sikapnya dengan mudah. Mantan pasangan Anda mungkin tampak membutuhkan bantuan Anda saat ini, tapi esok ia bisa menjadi seseorang yang agresif dan hanya ingin menang sendiri.

Jaga kondisi emosional Anda dengan membatasi jarak dengannya. Hindari kegiatan bersama yang tidak diperlukan. Dampak hubungan manipulatif bisa begitu membekas, jadi jangan meruntuhkan pertahanan yang Anda buat dengan luluh kepadanya.

2. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Pasangan yang manipulatif memanfaatkan kelemahan Anda dengan membuat Anda merasa bersalah. Rasa bersalah ini dapat bertahan lama dan menimbulkan emosi negatif, bahkan setelah Anda mengakhiri hubungan.

Agar bisa memulihkan diri dari pasangan manipulatif, Anda perlu belajar untuk berhenti menyalahkan diri sendiri. Hal ini memang sulit, tapi Anda bisa mengawalinya dengan menjawab pertanyaan berikut:

  • Apakah Anda telah dihargai dan diperlakukan dengan baik selama menjalin hubungan?
  • Apakah hubungan yang Anda jalani memberikan kebahagiaan bagi kedua pihak?
  • Apakah permintaan dan harapan pasangan Anda masuk akal?
  • Apakah hubungan ini membuat Anda merasa bahagia?

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...