Leukopenia Istilah Ketika Sel Darah Putih Terlalu Rendah
ilustrasi

Leukopenia Istilah Ketika Sel Darah Putih Terlalu Rendah

Rabu, 18 Nov 2020 | 13:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sel darah putih berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh Anda. Jumlah leukosit yang terlalu rendah bisa jadi membuat Anda lebih rentan terserang infeksi penyakit. Rendahnya jumlah leukosit dalam darah disebut dengan leukopenia. Apa yang menyebabkan Anda kekurangan sel darah putih? Bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini. 

Apa itu leukopenia?

Leukopenia adalah kondisi saat jumlah sel darah putih (leukosit) Anda rendah atau menurun. Umumnya, leukopenia berkaitan dengan penurunan salah satu jenis sel darah putih, yaitu neutrofil. Normalnya, sel darah putih pada orang dewasa berjumlah 4.500-11.000/mcL.  

Dikutip dari Mayo Clinic, Anda dinyatakan mengalami leukopenia jika jumlah sel darah putih Anda kurang dari 4.000/mcL. Beberapa ahli bahkan menyatakan bahwa batas minimal adalah 4.500/mcL darah.

Sel darah putih membantu tubuh Anda melawan infeksi. Saat jumlah leukosit rendah, secara otomatis tubuh akan menjadi lebih berisiko kena infeksi penyakit.   

Ciri-ciri kekurangan sel darah putih kerap kali tidak disadari karena leukopenia umumnya tidak memunculkan gejala yang signifikan. Namun, Anda perlu segera ke dokter jika merasakan gejala, seperti:

  • Demam di atas 38ºC
  • Kedinginan
  • Berkeringat

Jika Anda ragu, silakan memeriksakan gejala yang Anda rasakan di sini. Beberapa orang tetap dinyatakan sehat dan baik-baik saja sekalipun hasil pemeriksaan menunjukkan leukosit mereka rendah atau berada di bawah kadar normal yang telah disebutkan. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...