Lewat Tol Atas Laut, Balikpapan-Penajam Hanya 15 Menit

Rusmanto
Rusmanto

Lewat Tol Atas Laut, Balikpapan-Penajam Hanya 15 Menit ilustrasi

WinNetNews.com - Tol di atas laut akan dibangun untuk menghubungkan Balikpapan dan Penajam di Kalimantan Timur. Kedua wilayah tersebut dipisahkan oleh Teluk Balikpapan.

Pembangunan tol tersebut diprakarsai oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT Waskita Toll Road. Jika sudah ada tol maka akan memudahkan mobilitas masyarakat dan angkutan barang.

"Itu kalau orang Penajam mau ke Balikpapan kan muter 5 jam sekarang ini (lewat jalur eksisting)," kata Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto, Jakarta, Sabtu (26/1/2019).

Selain jalur eksisting tersebut, konektivitas antara Balikpapan dan Penajam bisa menggunakan kapal feri, namun menggunakan kapal feri pun memakan waktu kurang lebih 2 hingga 2,5 jam.

"Kalau terbangun kan paling hanya 10 menit atau 15 menit (lewat tol). kalau feri mungkin 2 sampai 2,5 jam. Kalau darat (jalur eksisting) itu harus muter 5 jam" paparnya.

Nantinya itu akan memberi manfaat, khususnya bagi penduduk Penajam hingga ke arah Kalimantan Selatan, yang selama ini mengandalkan angkutan barang menggunakan kapal untuk di bawa ke Kalimantan Timur.

"Kemudian orang orang Penajam sendiri kalau mau ke airport dan sebagainya sudah nggak perlu lama lama di jalan, langsung saja (lewat tol) apalagi kalau waktunya mepet, telat," tambahnya.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di www.detik.com dengan judul "Tol Atas Laut Mau Dibangun, Balikpapan-Penajam Nanti Cuma 15 Menit"

Apa Reaksi Kamu?