Libur Panjang Idul Adha, Pertigaan Brexit Diperkirakan Akan Padat

Libur Panjang Idul Adha, Pertigaan Brexit Diperkirakan Akan Padat ilustrasi

WinNetNews.com - Rekayasa lalu lintas menjelang libur panjang Idul Adha berbeda dengan saat lebaran yang lalu. Pintu tol Brebes Timur (Brexit) akan menjadi tumpuan utama arus lalu lintas terutama dari Jakarta ke arah timur yang akan keluar ke jalur pantura.

Hal itu karena tidak difungsikannya tol darurat Brebes-Batang yang biasa dipakai untuk memecah kepadatan arus, seperti saat arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri tahun 2017 lalu. Pada libur panjang Iduk Adha ini, diprediksi akan terjadi lonjakan volume kendaraan di Brexit.

Asisten Operasi (As Ops) Kapolri, Irjen Pol M Iriawan, didampingi Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, Selasa (29/8/2017) siang melakukan pengecekan di pos untuk memantau kesiapan rekayasa lalin di kawasan tersebut. 

Iriawan dan Royke juga menggelar rapat dengan sejumlah pejabat dari Polres Brebes, Polres Kota Tegal, dan Polres Kabupaten Tegal, untuk persiapan pengaturan lalu lintas saat libur Idul Adha.

"Kami sudah rapat cukup panjang untuk menentukan cara bertindak saat libur panjang Idul Adha nanti," kata Iriawan, di sela kegiatannya di Pos Polisi Brexit.

Ditegaskannya, yang menjadi fokus perhatian adalah jalur Pantura Brebes dan Kota Tegal. Terutama, setelah kendaraan keluar dari Brexit. Dikarenakan tol darurat Brebes-Batang tidak difungsikan maka akan ada peningkatan volume kendaraan di jalur Pantura.

"Dulu ada tol fungsional tapi kali ini ditutup, sehingga pertigaan brexit jadi fokus perhatian kita karena semua kendaraan dari Jakarta baik lewat tol maupun pantura akan melintas di sini," paparnya.

Volume kendaraan saat libur Idul Adha nanti diperkirakan akan mengalami kenaikan hingga 20 persen dibandingkan hari biasa. Meskipun tidak seperti kepadatan lalu lintas saat Idul Fitri, tetapi pihaknya sudah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas dan cara bertindak saat terjadi kepadatan.

Di antara yang dipersiapkan adalah sejumlah jalur alternatif, seperti di Kota Tegal ada Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) dan jalur alternatif lain.

"Jika kepadatan terjadi di pintu tol Brexit, kendaraan akan dikeluarkan melalui pintu tol Brebes Barat atau Pejagan dan Kanci. Ini kami harapkan agar kendaraan terurai dan tidak terjadi kemacetan," paparnya. (detikcom)