Libur Panjang Ini, Dirut AP II Tetap Lembur Untuk Awasi Pelayanan di Bandara

Libur Panjang Ini, Dirut AP II Tetap Lembur Untuk Awasi Pelayanan di Bandara

WinNetNews.com-Saat sebagian besar masyarakat nikmati libur panjang, para pekerja PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) malah bekerja ekstra keras melakukan pelayanan untuk penumpang di bandara. Malah, Direktur Utama (Dirut) AP II Budi Karya Sumadi ikut turun tangan awasi pelayanan di bandar udara.

Budi mengatakan, sebagai BUMN yang bertanggung jawab kelola bandara, pelayanan untuk para penumpang pesawat harus dijamin AP II, apalagi ketika libur panjang. Dia juga blusukan mengecek perkembangan proyek Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) di pagi hari. Lalu siang harinya Budi mengecek pelayanan penumpang di Terminal 2 Bandara Soetta. Budi juga tidak berpenampilan mencolok ketika blusukan di Terminal 2. Berkemeja putih garis-garis lengan panjang yang digulung sedikit, nampak seperti pengunjung bandara.

Masalah yang paling dapat sorotan dari Budi yaitu delay management. Sebagai pengelola bandara, AP II upayakan mendorong maskapai-maskapai agar tak terlambat (delay). Karena, penerbangan-penerbangan selanjutnya akan juga ikut terganggu jika ada satu penerbangan yang mengalami keterlambatan. Bila ada keterlambatan, penumpukan penumpang di bandara tidak terelakan."Memang pertama kali yang saya cek adalah aksesibilitas. Sekarang sudah lebih baik, kita kontrol mengenai delay management, kita support maskapai untuk tepat waktu. Kalau dari pagi delay, sampai malam delay semua," terang Budi di Terminal 2 Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (6/5/2016).

Dia berupaya percepat proses check in di bandara. Contohnya dengan mendorong maskapai buat layanan self check-in, membuat city check-in, dan kesiapan layanan di bagasi. Proses check-in yang cepat bantu maskapai supaya tak delay."Kita bantu mereka (maskapai) on time. Ada beberapa yang kita inisiasi. Misalnya, kita upayakan city check-in di beberapa tempat, sekarang ada di Senayan dan Kemayoran. Kita juga minta mereka membuat self check-in, itu harus diperbanyak," ungkapnya. Budi juga mengecek fasilitasi-fasilitas yang ada di bandara,contohnya kebersihan toilet, ketertiban di ruang tunggu. Sikap petugas bandara pada para penumpang juga diawasinya. "Yang umum kita cek juga, seperti toilet, ruang publik, petugas di sini ramah atau tidak," tambahnya.Selesai mengecek pelayanan di Terminal 2, Budi bersiap-siap terbang ke Medan. Di Medan, dia bakal mengecek fasilitas dan pelayanan di Bandara Kualanamu, juga menyiapkan pembangunan Bandara Silangit di Tapanuli Utara.

Sumber & foto :sindonews.com