(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Liburan, Ini Trik Biar Mobil Prima Saat Diajak Jalan Jauh

Muchdi
Muchdi

Liburan, Ini Trik Biar Mobil Prima Saat Diajak Jalan Jauh

WinNetNews.com - Libur panjang akhir pekan segera menyapa masyarakat Indonesia. Biasanya, momentum ini dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk berlibur dengan sanak saudara ke tempat wisata atau rumah handai taulan.

Kendaraan yang dipilih, kebanyakan mobil pribadi karena lebih privat dan dapat menampung banyak penumpang.

Namun demikian, menghabiskan libur panjang dengan menggunakan kendaraan pribadi tentu juga wajib melakukan persiapan yang matang. Jangan sampai mobil justru mogok saat digunakan dan tentu merepotkan Anda.

Berikut tips persiapan agar perjalanan Anda menyenangkan, seperti dilansir AstraWorld, situs resmi Toyota, dan Boldsky:

1. Jaga kondisi badan Anda dengan olahraga sebelum berangkat. Jika memang jarak terlalu jauh, ada baiknya Anda mencari keluarga pengganti yang bisa menyetir, seperti istri.

2. Periksa kondisi mobil. Tentu, jika mobil Anda keluaran terbaru mungkin minim masalah dan kerusakan. Tapi sebaliknya, jika mobil Anda sudah berusia agak tua, sebaiknya periksa secara rinci sebelum melakukan perjalanan untuk mengurangi potensi mogok atau rusak di jalan.

3. Periksa kondisi tekanan ban dan kedalaman alur ban. Jika sekiranya sudah perlu diganti, ada baiknya Anda mengganti terlebih dahulu. Tekanan ban yang cukup dan alur ban yang baik akan menghindari keretakan ban, karena jalanan yang panas. Jangan mengambil risiko menggunakan ban yang sudah tipis.

Ingat, isi ban Anda dengan angin sesuai ukuran. Bila tekanannya terlalu kecil, tentu akan membuat kenyamanan berkurang, namun jika tekanan angin terlalu tinggi, angin di dalam ban bisa mengembang dan meledak.

4. Periksa kondisi pada kontrol utama kendaraan, seperti kemudi, pedal rem, pedal gas, dan pedal kopling. Pastikan semuanya dapat berfungsi baik untuk mengurangi kecelakaan fatal.

5. Periksa sistem pendingin mesin (thermostat, engine belt, hoses, cooling fan, dancoolant level). Periksa pula sistem pendingin udara (AC), apakah sudah bekerja optimal atau belum.

6. Periksa radiator, gunakan cairan untuk mendinginkan radiator yang berkualitas baik. Dengan menggunakan cairan yang baik dan benar, dapat mengurangi panas pada radiator. Selain itu, air radiator yang baik, juga dapat mengurangi karat pada radiator sehingga mesin tetap stabil.

7. Jangan membawa barang terlalu banyak, termasuk penumpang, karena dapat menambah beban dan membuat mobil tidak seimbang.

8. Saat di jalan, beristirahatlah jika Anda letih atau mengantuk. Setelah segar, Anda bisa jalan lagi dengan badan yang sudah prima. Selamat berlibur.

Sumber&Foto dari VIVA, Jakarta

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});