Liburan Ke Bali , Mampir ke Pantai Bias Tugel

Liburan Ke Bali , Mampir ke Pantai Bias Tugel

Lokasinya tersembunyi di balik bukit.

Bias Tugel. Pantai ini tidak setenar Kuta atau Sanur yang kerap menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara, ketika berlibur ke Bali. Selain, belum akrab di telinga, lokasinya juga tidak sedekat Kuta dan Sanur yang masih bisa ditempuh tak sampai satu jam dari pusat kota Denpasar.

Pantai Bias Tugel membentang di kawasan Padang Bai, Kabupaten Karangasem, Bali. Butuh waktu sekitar dua sampai 2,5 jam dari Kota Denpasar menuju destinasi ini. Tidak ada kendaraan umum. Jadi, sebelum ke pantai ini, sebaiknya rencanakan pula untuk menyewa kendaraan.

Pemantauan Minggu, 30 Agustus 2015, garis pantai di Kabupaten Karangasem berada di sebelah kiri jalan jika ditelusuri dari arah Denpasar. Jalan menuju Bias Tugel sama dengan jalan menuju ke Pelabuhan Padang Bai, tempat kapal feri menuju Gili Trawangan, Lombok bersandar.

Dari Jalan Raya Padang Bai ada jalan kecil menuju dua lokasi ini yang jaraknya sekitar 300 meter. Lokasi Bias Tugel dan pelabuhan memang hanya dipisahkan hamparan batu karang yang menjorok ke laut.

Berbeda dengan 'tetangganya' yang hiruk pikuk, Pantai Bias Tugel terlihat sangat tenang. Jika memandangnya dari dari atas jungkung (sejenis perahu nelayan) di tengah laut, kondisi kontras ini akan sangat terasa. Pelabuhan Padang Bai terlihat dipenuhi beberapa kapal feri, boat dan puluhan jungkung. Sementara Bias Tugel tampak bersih. Pasir putihnya memantul dengan air laut biru jernih yang bergradasi.

Namun butuh perjuangan untuk menikmati suguhan alam laut yang indah di Bias Tugel. Sebab lokasinya berada di bawah bukit. Dari tempat parkir kendaraan, pelancong harus menyusuri jalan setapak sejauh 300 meter dari Pelabuhan Padang Baik dengan kontur menurun. Akan tetapi jerih payah itu akan terbayar dengan keindahan alamnya yang luar biasa.

Sebab dari titik terpencil yang terlindungi bukit dengan pepohonan rimbun ini, Anda bisa melihat kapal-kapal yang masuk dan ke luar dari Padang Bai, berjemur atau pun berenang. Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Bias Tugel adalah snorkeling. Jika beruntung Anda bisa melihat hiu atau penyu berenang di perairan lepas pantainya.