Lima Bangunan Kaca Ini Miliki Desain yang Menakjubkan!

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Lima Bangunan Kaca Ini Miliki Desain yang Menakjubkan!
WinNetNews.com - Bangunan kaca memang sering kita lihat. Namun beberapa bangunan kaca ini termasuk bangunan kaca yang unik yang bisa bikin mata jadi susah berkedip.

Seperti apa keunikan bangunan kaca ini?

1. Basque Health Department, Bilbao, Spanyol

Awalnya kamu akan berpikir bahwa ini adalah sebuah museum seni. Tetapi ternyata kamu salah. Ini adalah Markas Kesehatan Spanyol.  Bangunan setinggi 13 meter ini Dirancang oleh Coll-Barreu Arquitectos, fasad kaca polyhedral. Dengan banyaknya kaca yang mengelilingi gedung ini, maka akan banyak cahaya yang masuk dari luar. Gedung ini ternyata jadi tempat wisata popular di Bilbao loh!

 

2. Kanagawa Institute of Technology, Jepang

Bangunan yang paling transparan di kampus Kanagawa Institute of Technology. Perancangnya adalah Junya Ishigami dan Associates dan pada dasarnya hanya berisi satu ruangan dengan luas sekitar 2.000 meter persegi. Konstruksinya hanya berupa panel kaca dan kolom baja putih dari segala bentuk.

 

3. Louvre Pyramid, Paris, Perancis

Pernah melihat piramid terbalik di Summarecon Bekasi? Nah piramis tersebut ternyata sama persis dengan yang ada di Prancis. Dirancang oleh arsitek I. M. Pei, struktur piramidikal berfungsi sebagai pintu masuk utama ke museum terkenal.

 

4. 30 St Mary Axe, London

30 St Mary Axe dikenal dengan nama “The Gerkin”. Perancang gedung ini adalah Norman Foster, menjadi struktur tertinggi di London, konstruksinya selesai pada tahun 2003. Gedung dengan tinggi 41 lantai ini termasuk gedung yang hemat energy, karena menggunakan panel kaca tebal dan dapat meningkatkan pengunaan cahaya alami dan suhu. 30 St Mary Axe sempat menerima Royal Institute of British Architects (RIBA) Stirling Prize pada tahun 2004.

 

5. Hotel W, Barcelona, Spanyol

Selain matadornya yang terkenal, Spanyol juga memiliki gedung kaca yang unik. Hotel W, terletak di garis pantai Barcelona, ini merupakan contoh ideal kemajuan arsitektur modern.

Dirancang oleh Ricardo Bofill dan selesai pada tahun 2009, hotel bintang lima ini dibuat dikelilingi kaca hingga memancarkan cahaya alami. Bentuknya seperti kapal berlayar, sehingga mendapatkan julukan Hotel Vela (Sail Hotel).

 

Apa Reaksi Kamu?