Lima Momen Terbaik Sepanjang Karier Petr Cech

Daniel
Daniel

Lima Momen Terbaik Sepanjang Karier Petr Cech Foto: Getty Images/Richard Heathcote

WinNetNews.com – Kiper gaek asal Republik Ceko, Petr Cech, akhirnya memutuskan untuk pensiun pada akhir musim ini. Pemain yang kini membela klub Arsenal tersebut total sudah berkarier selama 20 tahun sebagai pemain profesional.

Sebagai kiper veteran, Cech sudah merasakan banyak sekali gelar juara. Kiper berusia 36 tahun tersebut tercatat mengoleksi 15 trofi ketika berseragam Chelsea. Sedangkan bersama Arsenal Cech tiga kali mengangkat piala juara.

Berikut ini adalah lima momen terbaik yang pernah dilakukan oleh kiper yang memiliki 124 caps bersama Timnas Ceko tersebut, dilansir dari berbagai sumber.

  1. Kebobolan Tersedikit



    Pada saat berseragam Chelsea, penampilan impresifnya di bawah mistar gawang membuat Chelsea hanya kebobolan 15 gol saja dalam semusim. Total pada saat itu Cech bermain 1024 menit tanpa kebobolan sama sekali.

    Penampilan impresifnya tersebut membawa Chelsea menjadi juara Liga Inggris pada 2004-2005. Selain itu, Cech juga sukses menggondol gelar Golden Glove Award atau gelar kiper terbaik di tahun yang sama.

  2. Membisukan Liverpool



    Salah satu penampilan terbaiknya yang mungkin terlupakan adalah ketika melawan Liverpool pada semifinal Liga Champions musim 2004-2005. Pada leg pertama Liverpool dibuat tidak berkutik karena solidnya Cech mengawal gawangnya.

    Sayangnya penampilan Cech ternoda di leg kedua. Penampilannya pada leg kedua sejatinya begitu luar biasa, namun Liverpool sukses memenangkan laga lewat gol kontroversial. Andai saat itu sudah ada teknologi VAR, mungkin ceritanya berbeda...

  3. Double Winner pada 2010



    Saat Carlo Ancelotti menangani Chelsea pada musim 2009-2010, The Blues langsung merengkuh gelar juara Liga Inggris di musim tersebut. Saat itu Chelsea juga sukses lolos ke babak final FA Cup melawan Portsmouth.

    Pompey – julukan Portsmouth – mendapatkan penalti di babak kedua. Namun kesigapan Cech dalam membaca arah tembakan sukses membuat skor 0-0 bertahan. Tidak berapa lama kemudian setelah penalti tersebut, Didier Drogba mencetak gol penentu gelar kedua di musim tersebut.

  4. Pahlawan di Final Liga Champions 2012



    Bisa jadi ini adalah momen terbaik dalam karier Cech. Setelah empat tahun pasca kegagalan di final Liga Champions, Cech kembali membawa Chelsea melaju ke babak puncak kompetisi elit antar klub eropa tersebut pada 2012.

    Pada laga final tahun itu melawan Bayern Munich, Cech tidak hanya memuntahkan satu penalti, tetapi TIGA! Pertama ketika ia sukses menepis penalti Arjen Robben di babak pertama, lalu dua tendangan lagi pada babak adu penalti setelah bermain imbang di waktu normal. Hal itu pula yang sukses membawa Chelsea merengkuh gelar Liga Champions untuk kali pertama.

  5. Juara Piala Eropa bersama Timnas Ceko



    Eits, maksudnya Timnas Ceko di sini yaitu ketika Cech bermain di level U-21 bukan timnas senior. Mundur ke belakang tepatnya pada 2002, Cech sukses membawa timnas Ceko berjaya di turnamen antar negara eropa tersebut.

    Saat itu Cech masih berusia 20 tahun, namun penampilan dan bakatnya sudah sangat luar biasa. Sepanjang turnamen ia hanya kebobolan sekali yakni pada saat babak adu penalti di final melawan Prancis. Penampilan impresifnya di level U-21 membuat Cech dipanggil ke skuad timnas senior pada Euro 2004 di Portugal.

Apa Reaksi Kamu?