Lima Negara Terlibat Bantu Padamkan Kebakaran Hutan

Lima Negara Terlibat Bantu Padamkan Kebakaran Hutan

WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo memastikan sekitar lima negara terlibat membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Dia menyebutkan bantuan pesawat asing sudah berdatangan ke Tanah Air untuk konsentrasi membantu memadamkan api di Sumatra Selatan.

Minggu dan Senin sudah mulai masuk (pesawat asing), konsentrasinya di Sumatra Selatan, katanya, Sabtu (10/11/2015). Lima negara tersebut adalah Singapura, Malaysia, Australia, Rusia dan China. Bahkan saat ini, bantuan pesawat pemadam dari Singapura, Malaysia, dan China sudah datang ke Indonesia.

Jokowi menyebutkan selama satu minggu ke depan, tim yang dipimpin Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut B Panjaitan akan konsentrasi memadamkan api. Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis sebanyak tujuh helikopter dan empat pesawat sudah mulai memadamkan kebakaran di Sumsel.

Armada helikopter dan pesawat itu yakni enam helikopter dari BNPB, satu heli Singapura, dua pesawat Air Tractor dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, satu pesawat untuk hujan buatan dari BNPB, dan satu pesawat Bombardier Malaysia. Presiden mengungkapkan pemerintah juga berencana membeli sedikitnya tiga pesawat khusus berkapasitas minimal 12 ton untuk mengatasi bencana kebakaran lahan.