Lima Orang Penambang Gunung Pongkor Ditemukan, Evakuasi Dilanjutkan

Lima Orang Penambang Gunung Pongkor Ditemukan, Evakuasi Dilanjutkan

WinNetNews.com - Lima penambang emas liar di gunung pongkor telah ditemukan dalam keadaan tewas. Proses evakuasi 7 orang penambang yang diperkirakan masih tertimbun longsor masih dilanjutkan. Sebanyak 200 orang personel gabungan dikerahkan untuk melakukan evakuasi di area tambang Lubang Kunti, Blok Pamoyanan Longsor, Desa Bantar Karet, Gunung Mas Pongkor, Kecamatan Nanggung, Bogor. Operasi evakuasi hari ini kembali dimulai sejak pukul 07.00 WIB pagi tadi (29/10/15).

Sebelumnya, dua penambang berhasil ditemukan kemarin oleh tim gabungan dari lubang di kedalaman 200 meter posisi horizontal ke bawah.Karena keterbatasan peralatan dan medan yang sulit, jenazah dua penambang itu tidak langsung dievakuasi. Untuk sementara korban disimpan dalam kantung mayat.

Baca juga artikel: Inilah 12 Nama Penambang Ilegal yang Tertimbun Longsor di Gunung Pongkor

"Lokasi tidak memungkinkan, posisi kita berada di ketinggian, jalanan licin, dan minim penerangan. Pagi ini jenazah kita evakuasi dari lokasi," kata Suyudi yang dilansir dari okezone.

Kemarin petugas sempat mendengar adanya suara rintihan meminta tolong serta cahaya dari senter yang berada di dalam lubang tambang.

Petugas mengupayakan pencarian, walau sempat diguyur hujan lokal di sore harinya, tim evakuasi terus berupaya melakukan penggalian.

"Kita belum mengetahui apakah suara rintihan dan cahaya senter yang sempat terdengar kemarin berasal dari kedua korban yang ditemukan ini, atau dari penambang lainya. Kita akan terus upayakan pencarian secepatnya," kata Suyudi.

Perkembangan terbaru, hingga Kamis pagi (29/10/15) korban tewas yang ditemukan sudah berjumlah 5 orang. Diberitakan sebelumnya, 12 penambang tanpa izin (PETI) tertimbun longsor di area tambang milik PT Aneka Tambang (Persero) sejak Selasa lalu. Para penambang merupakan warga lokal.