Lima Tanda Kulitmu Butuh ‘Rehat’ dari Skin Care

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Lima Tanda Kulitmu Butuh ‘Rehat’ dari Skin Care Ilustrasi: Marie Clarie Malaysia

Winnetnews.com - Kemudahan akses belanja online saat ini sering dimanfaatkan oleh para wanita untuk berburu produk kecantikan. Tidak hanya akses mudah, berbagai skin care juga memberikan varian dan penawaran yang masif untuk beauty enthusiast.

Keadaan ini tentu membantu wanita untuk lebih selektif dalam menemukan produk yang sesuai dengan jenis kulitnya. Namun di sisi lain, kita jadi gampang ‘terbuai’ dengan ambisi untuk mendapatkan wajah glowing dan berlomba-lomba untuk membeli banyak produk kecantikan.

Kamu harus tahu bahwa kulitmu sebenarnya tidak membutuhkan perawatan skin care yang terlalu banyak. Ada batasan yang perlu diperhatikan ketika mengaplikasikan skin care pada kulit. Dikutip dari Fimela, berikut ini adalah lima tanda bahwa kulitmu sudah kelebihan dosis skin care.

1. Ruam dan gatal

Ilustrasi: IDN Times

Tanda pertama yang paling mudah dikenali adalah ketika wajahmu mulai terasa gatal, meradang, atau berwarna merah. Ini menandakkan produk skin care yang kamu gunakan telah memberikan sinyal buruk bagi kulitmu. Kamu perlu menghentikan penggunaan skin care, terlebih jika kulitmu sampai melepuh dan perih.

2. Wajah seperti tertarik

Ilustrasi: Beauty Journal Sociolla

Kulit kencang bisa menjadi penanda bahwa skin care yang kamu gunakan telah membabat habis sumber kelembapan di wajahmu. Hal ini jika diteruskan tentu tidak baik karena akan membuat kulitmu dehidrasi. Selain itu, kondisi ini juga dapat memicu produksi minyak berlebih, pori-pori besar, dan kerutan atau penuaan dini.

Jika sudah terlanjur, ada baiknya kamu mencari produk lain yang bisa menyeimbangkan pH di wajahmu. Usahakan cari produk skin care yang mengandung surfaktan yang lembut dan alami.

3. Breakout

Ilustrasi: IDN Times

Seringkali terjadi pada jenis skin care pembasmi jerawat. Perlu diingat bahwa pengaplikasian skin care jenis ini bisa menjadi bumerang bagi kulit wajahmu jika digunakan terlalu banyak atau terlalu sering. Kamu akan mendapati kulitmu kering, iritasi, dan mengeluarkan minyak berlebih. Produk anti-acne seperti ini harus digunakan berdasarkan dosis yang tepat dan dengan takaran yang jelas.

4. Minyak yang membeludak

Ilustrasi: Grid.id

Wajah berminyak merupakan tanda bahwa kulitmu sedang ‘ngambek’ padamu. Kondisi ini dikarenakan skin care yang kamu gunakan perlahan-lahan mengikis kelembapan alami kulit hingga kelenjar produksi sebum terpacu untuk bekerja lebih keras demi menjaga kelembapan kulit.

Apa Reaksi Kamu?