Skip to main content

lima tempat makan yang dijamin bakal bikin Anda penasaran

lima tempat makan yang dijamin bakal bikin Anda penasaran
lima tempat makan yang dijamin bakal bikin Anda penasaran

1. Kedai Kopi Apek

Inilah biang keladi penyebab saya ke Medan. Dari luar, bangunan sederhana khas Belanda ini tampak agak usang. Begitu masuk ke dalam, suasana khas Tionghua Melayu begitu terasa dari meja kayu bundar, kursi kayu, lemari, cangkir, dan piring khas kopi tiam yang masih dipertahankan keasliannya. Lantai kedai pun belum berubah sejak 1922.

Kedai Kopi Apek punya nilai sejarah tinggi. Menurut Sue Yen Tie, putri mendiang pemilik asli, Thaia Tjo Lie, kopi di sini diracik menurut resep asli turun-temurun. Kopi yang disajikan adalah kopi asli Sumatra yang berasal dari Lintong dan Sidikalang.

image0

Kedai Kopi Apek menjadi tempat sarapan favorit warga Medan. Hidangan lainnya, berupa roti srikaya, teh, telur setengah matang. Jika Anda ingin menikmati roti cane, martabak telur, atau nasi briani, semuanya bisa dipesan dari penjaja makanan di depan kedai. Harga secangkir kopi panas Rp17 ribu dan kopi dingin Rp22 ribu.

Alamat: Jalan Hindu nomor 37, Medan.

Jam buka: 06.00 - 14.00 WIB (Senin-Sabtu) dan 06.00 - 12.00 WIB (Ahad).

2. Tip Top

Tip Top merupakan restoran tertua di Medan yang masih buka sampai hari ini. Pertama kali dibuka pada 1929 di Jalan Pandu, restoran ini bernama Jangkie. Pada 1934, restoran ini pindah ke Jalan Kesawan dan berubah menjadi Tip Top.

Bangunan restoran tidak banyak berubah, masih bergaya khas café Eropa dengan meja-meja di beranda luarnya. Di dalam, pencahayaan ruangan memang sengaja dibuat redup.

image1

Tip Top terkenal dengan kue buatan sendiri yang dipanggang menggunakan oven batu berusia 80 tahun. Makanan ringan di sini diantaranya cake coklat Irish, bitterbalen, Java ice cream, dan masih banyak lagi. Tip Top juga menyajikan Western dan Chinese Food. Selagi di sini, jangan lupa memesan segelas Sarsaparilla Badak serta Moorkop sebagai pencuci mulut andalan.

Alamat: Jalan Kesawan (Jendral Ahmad Yani) nomor 92, Medan.

Jam buka: 11.00 - 14.00 WIB dan 18.00 - 22.00 WIB (buka setiap hari).

3. Jalan Semarang

Jalan Semarang merupakan pusat penjualan onderdil di kala siang, dan berubah menjadi pusat wisata kuliner di waktu malam. Kawasan ini juga dijuluki pecinan Medan atau China Town.

image2

Jangankan sehari, sepekan pun tidak akan cukup mencicipi semua hidangan di sepanjang jalan ini. Mulai dari aneka menu bebek peking, nasi sayur, lontong sayur, kwetiau, bakmi, hingga sate. Semua tampil menggoda dengan harga yang terjangkau.

4. Durian Ucok

Jika Anda penyuka durian, wajib mampir ke Durian Ucok yang sangat terkenal di Medan. Tiap malam, Durian Ucok ramai dikunjungi warga Medan dan juga wisatawan dari luar kota.

Anda boleh menukar durian jika buahnya kurang bagus. Jika Anda ingin yang rasanya sedikit pahit, tapi mendapat yang manis, Anda juga boleh minta tukar.

image3

Jika ingin membawa durian sebagai oleh-oleh, Durian Ucok menyediakan kemasan khusus dalam wadah berbagai ukuran. Dibungkus sedemikian rupa, aroma durian tidak akan keluar sama sekali. Sehingga aman dibawa di dalam koper selama berjam-jam. Harga berkisar antara Rp20 ribu - Rp40 ribu.

Alamat: Jalan Iskandar Muda (tidak jauh dari Pecel Lele Lela), buka dari jam 18.00 WIB - tengah malam.

Jalan Wakhid Hasyim, Medan, buka 24 jam.

5. Coffee Box

Setelah membuka kedai pertamanya di Sun Plaza, Coffee Box menambah kedai di Jalan Palang Merah. Keunggulan Coffee Box di Jalan Palang Merah adalah suasananya.

Coffee Box ini bertempat di sebuah gedung besar yang memuat banyak pengunjung. Nuansa di sini khas Melayu tradisional tempo dulu. Selain perabotan kayu, ada banyak lampu petromax yang digantung, nuansa ‘jadul’ yang membuat betah berlama-lama.

image4

Di lantai dua, tersedia ruangan outdoor beranda yang sangat nyaman. Anda dapat menikmati segelas kopi sambil melihat pemandangan sehari-hari kota Medan.

Secangkir kopi hitam dihargai antara Rp9 ribu - Rp12 ribu. Dengan merogoh kocek sedirikt dalam, yaitu Rp44 ribu, Anda sudah dapat mencicipi secangkir kopi luwak spesial.

Hidangan di Coffe Bok juga bervariasi, seperti kue-kue jajanan pasar, toast dan pancake durian. Untuk makanan utama, tersedia makanan Indonesia, Tiongkok dan Western.

Alamat: Jalan Palang Merah / Suka Mulia nomor A7.

Jam buka: 10.00 - 22.00 WIB.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top