Lion Air Belum Laporkan Kesalahan Mendarat, Kemenhub Siap Untuk Investigasi

Lion Air Belum Laporkan Kesalahan Mendarat, Kemenhub Siap Untuk Investigasi

WinNetNews.com-Lion Air diterangkan Otoritas Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) belum melaporkan insiden kesalahan mendarat di awal pekan lalu yang sebabkan sejumlah penumpang lolos dari pemeriksaan Imigrasi. Karena hal itu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) disebutkan akan siap melakukan investigasi untuk selidiki insiden itu.

“Hingga saat ini belum ada laporan secara tertulis dari Lion Air kepada CIQ (Costum, Imigration dan Quarantime), karenanya Kemenhub akan melakukan Investigasi. Adakah unsur kesengajaan atau tidak, tidak menutup kemungkinan akan melibatkan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS),” ujar Kepala Otoritas Bandara Soetta Muzaffar Ismail di Tangerang, Minggu (15/5/2016).

Dia melanjutkan apabila nanti ditemukan ada kesalahan fatal dari hasil investigasi itu, setidaknya Lion Air akan dapat teguran keras yaitu penangguhan izin atau suspend ( izin rute bisa dibekukan). “Ini akan menjadi evaluasi SOP untuk penerbangan Internasional, karena seharusnya yang seperti ini segera dilaporkan. Meski tidak disebutkan berapa hari dalam Undang-undang,” ungkapnya. Dia menegaskan pihaknya tidak akan takut dalam memberi sanksi jika memang ada kesalahan fatal. “Semua sesuai dengan Undang-undang, karena ada aturan, kami tidak ada kekhawatiran sama sekali dalam menjatuhkan sanksi,”

Sementara, pihak Manager Regional Internasional Lion Air Anggara Triyana mengakui, adanya kesalahan. Namun dia sebutkan bahwa pihak Imigrasi dan Bea Cukai pasti telah memiliki SOP saat mengalami persoalan seperti ini. “Memang baru secara lisan, tetapi baik Imigrasi dan Bea Cukai memiliki SOP dan kami sudah berkoordinasi. Tetapi, menurut saya ini fatal (kesalahan Lion Air), jadi memang menjadi pelajaran juga buat kami dalam memperbaiki SOP,” ucap Anggara.

Sumber:sindonews.com

Foto:http://www.airportsinternational.com/