(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Listrik Syarat Mutlak Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Listrik Syarat Mutlak Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi
WinNetNews.com - Ketersediaan listrik sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, bila pasokan listrik di setiap daerah tersedia, bukan tidak mungkin ekonomi di daerah tersebut juga tumbuh. Misalnya dengan bergeraknya sektor industri daerah.

Namun sebaliknya, kalau listrik saja tidak ada, sulit bagi industri berkembang di daerah. Ujung-ujungnya investor enggan masuk dan mengembangkan bisnisnya di daerah. Oleh sebab itu, Ekonom UI Berly Martawardaya menilai ketersediaan listrik menjadi hal penting untuk menopang ekonomi dalam negeri.

"Kebutuhan listrik menjadi syarat mutlak untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata dia dalam diskusi mengenai listrik di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (14/5/2016).

Menurutnya, listrik dibutuhkan bukan hanya dari sisi ekonomi. Dari segi pendidikan pun membutuhkan listrik. Jangan sampai, kata dia, anak-anak di daerah tidak bisa belajar malam hari karena listrik mati.

"Anak bisa belajar, nelayan atau petani dapat akses informasi jika ada listrik," tambahnya.

Dirinya menilai di Indonesia masih terjadi kesenjangan listrik. Untuk itu, pihaknya meminta pemerintah segera menuntaskan kesenjangan listrik ini untuk menghindari konflik.

"Pemerintah harus segera bertindak karena bisa terjadi konflik akibat kesenjangan listrik, sampai saat ini kesenjangan listrik terutama diwilayah Indonesia seperti NTB, NTT, dan sebagainya," tukas dia. 

Dilansir: okezone

Foto: goole

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});