'Livestreaming' 17 Menit Pelaku Penembakan Jemaah Masjid di Selandia Baru

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

'Livestreaming' 17 Menit Pelaku Penembakan Jemaah Masjid di Selandia Baru Sumber Foto: The South African

Winnetnews.com - Dunia sedang dihebohkan oleh penembakan brutal yang terjadi di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru. Dirilis CNBC Indonesia (15/3), data terakhir korban meninggal ada 49 orang. Teror tak berperikemanusiaan ini menimpa mereka saat beribadah solat Jumat. Dua di antara korban adalah Warga Negara Indonesia (WNI), yang adalah ayah dan anak.

Setelah ditelusuri, ternyata sang pelaku yang bernama Brenton Tarrant (28 tahun) merekam seluruh kejadian tersebut secara live!

Bahkan pria berkulit putih yang ada dalam video yang berdurasi 17 menit itu menyiarkan aksinya ke akun Twitter hingga Facebook.

Livestreaming 17 menit dimulai ketika pria bersenjata itu pergi ke Masjid Al Noor di Deans Ave. Dengan menggunakan mobil station wagon yang berisi segudang senjata, ia menggunakan sepatu boot.

Ia merekam kejadian biadab ini dengan kamera yang ditempelkan pada helmnya. Brenton Tarrant berjalan ke depan pintu masjid dan meluncurkan tembakan secara semena-mena kepada jamaah yang ada di depannya saat berada di dalam Masjid selama 3 menit dan kembali ke kendaraannya untuk mengambil amunisi. Setelah itu ia kemudian kembali masuk masjid lagi dan menembaki orang-orang di dalamnya dengan brutal seperti dalam game tembak-tembakan.

Video 17 menit tersebut berakhir ketika pria tersebut melaju dengan mobilnya sangat cepat.

Direktur Kebijakan Facebook Australia-New Zealand, Mia Garlick, mengatakan video tersebut sudah di-takedown oleh Facebook.

"Kepolisian Selandia Baru memperingati akan bahaya video tersebut dan kemudian meminta kami untuk meghapusnya," jelas Mia di New Zealand Herald.

 

 

Penulis : Baiq Fevy Shofya Wahyulana
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?