Lorenzo Diterpa Isu Hengkang, Honda Optimis Bakal Temui Titik Terang
Pebalap Honda, Jorge lorenzo tengah diterpa isu hengkang. (Foto: Motorplus)

Lorenzo Diterpa Isu Hengkang, Honda Optimis Bakal Temui Titik Terang

Minggu, 18 Agt 2019 | 16:31 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Manajer Teknis Honda Racing Corporation (HRC), Takeo Yokoyama, yakin bahwa pihaknya bisa menemukan titik terang bersama Jorge Lorenzo dalam masa-masa sulit musim ini. Hal ini disampaikan Yokoyama di sela pekan balap MotoGP Austria di Red Bull Ring pekan lalu.

Sejak bergabung dengan Repsol Honda, Lorenzo diketahui sangat sulit beradaptasi dengan RC213V. Selain tak tampil kompetitif, ia juga dirundung berbagai cedera sejak awal musim. Masa-masa buruk ini jelas membuatnya tertinggal sangat jauh dari sang tandem, Marc Marquez, yang justru tengah memuncaki klasemen.

Mengutip Bola.net, Marquez sudah mengoleksi 230 poin lewat 10 podium dan enam kemenangan, serta tengah di ambang gelar dunianya yang kedelapan. Sementara itu, Lorenzo sulit menembus posisi 10 besar, absen selama empat seri belakangan, dan tengah duduk di peringkat 19 pada klasemen pebalap dengan 19 poin pula.

Sadari Takkan Mudah Temukan Kecocokan

Yokoyama pun tak memungkiri pihaknya cukup terkejut melihat Lorenzo membutuhkan waktu lebih lama dari dugaan dalam beradaptasi dengan RC213V. Meski begitu, HRC sudah mengantisipasi hal ini karena yakin mempersatukan karakter mesin RCV dan gaya balap Por Fuera tidaklah mudah.

"Memang benar butuh waktu lebih lama dari dugaan, baginya, bagi kami, untuk melaju cukup cepat. Berkat gaya balapnya, kami yakin ia takkan mudah beradaptasi dengan motor Honda, dan tak mudah bagi kami untuk merakit motor yang cocok untuknya. Tapi di luar dugaan, ia cedera beberapa kali," ujar Yokoyama.

Hal Baik Akan Terjadi

Pada awal musim ini, Lorenzo cedera retak tulang scaphoid tangan kiri akibat kecelakaan dirt track, yang membuatnya absen di uji coba Sepang. Ia juga cedera retak tulang rusuk akibat kecelakaan di pekan balap Qatar. Kini ia masih dalam pemulihan retak tulang belakang T6 dan T8 akibat kecelakaan di Belanda.

"Ia tak punya cukup waktu untuk beradaptasi dengan motor kami, dan setiap kali ia merasa baik dan nyaman, kemudian sesuatu yang tak menguntungkan terjadi: kecelakaan dan cedera. Jadi kami ada dalam situasi negatif. Tapi dalam hidup, sekalinya Anda mengalami situasi buruk, maka hal baik akan terjadi. Anda akan lihat segera!" pungkas Yokoyama.

Usai absen dari pekan balap di Belanda, Jerman, Ceko, dan Austria, sang lima kali juara dunia dijadwalkan akan kembali turun lintasan dalam MotoGP Inggris yang digelar di Sirkuit Silverstone pada 23-25 Agustus mendatang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...