Skip to main content

LRT Jabodebek Dibangun di Atas Jalan Tol

LRT Jabodebek Dibangun di Atas Jalan Tol
LRT Jabodebek Dibangun di Atas Jalan Tol

Presiden ingin membangun sistem transportasi publik terpadu berupa Kereta Ringan/Light Rail Transit (LRT) di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) dan akan dibangun dengan memanfaatkan ruang jalan tol dan arteri.

Demikian disebutkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit (LRT) terintegrasi di wilayah Jabodebek yang telah ditandatangan oleh Presiden pada 2 September 2015 lalu, seperti dikutip dari laman Setkab.

Menurut Perpres, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan persetujuan atas pemanfaatan ruang jalan tol di ruang milik jalan tol dan ruang milik jalan arteri yang dimanfaatkan dalam rangka pembangunan prasarana LRT ini.

Sementara Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan, memfasilitasi penyesuaian Rencana Tata Ruang Wilayah dengan Lintas Pelayanan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Ferry juga mendukung penyiapan dan pengadaan tanah untuk pembangunan prasarana LRT ini.

Sedangkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, menurut Perpres ini, memberikan persetujuan atas pemanfaatan tanah milik daerah dan ruang udara dalam proyek ini sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Melalui Perpres ini, Presiden juga memerintahkan Gubernur DKI, Bupati Bekasi, Wali Kota Bekasi, Wali Kota Depok, Bupati Bogor, dan Wali Kota Bogor agar melakukan penyesuaian Rencana Tata Ruang Wilayah dengan Lintas Pelayanan LRT.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top